Fakta Unik Menarik Keju Mozarella, Yuk Cari Tahu!

mozarela
(Istimewa/pintrest/)
0 Komentar

Sumedangekspres – Siapa yang tidak tahu keju mozzarella? Pastinya kamu sudah tahu dong keju yang terkenal sering ada di topping pizza ini. Lelehannya dan rasanya yang menggoda benar-benar menggungah selera makan. Apalagi kalo bukan keju Mozarella.

Yuk simak dan cari tahu beberapa fakta untuk keju mozarella.

Fakta-fakta unik dan Menarik 

1. Alasan dinamakan Mozarella

Apa kamu pernah menebak dari mana nama mozzarella berasal? Mungkin kamu berpendapat jika itu berasal dari nama pembuat atau tempat mozzarella pertama ditemukan, tapi ternyata bukan begitu.

Nama mozzarella merupakan gabungan kata dari dialek Neapolitan, yaitu mozze yang artinya memotong dan rella yang bermakna alang-alang.

Baca Juga:Resep Korean Corndog Sosis Mozarella Anti GagalMengenal Parenting Pada Anak, Apa Itu Parenting?

Kedua kata tersebut diambill dari cara pembuatannya, yaitu susu fermentasi yang diolah dengan cara dipotong menggunakan alang-alang.

2. Keju Mozarella berasal dari Kerbau 

Tempat penghasil utamanya, mozzarella dibuat dari susu kerbau dan bukan susu sapi? Tepatnya di Campania, Italia, 500 tahun yang lalu mozzarella dibuat pertama kali menggunakan susu kerbau.

Penggunaan susu kerbau dinilai lebih baik daripada susu sapi. Ini terjadi karena kandungan proteinnya 10-11% lebih banyak daripada susu sapi.

Penggunaan susu kerbau juga akan membuat keju lebih halus dan memiliki konsistesi yang lebih tebal. Ini memudahkan proses pengolahan keju mozzarella.

3. Mozarella tinggi lemak namun rendah kalori

Umumnya makanan yang berbahan dasar susu memiliki kandungan lemak tinggi. Apalagi jika itu diperoleh dari susu sapi dan kerbau.

Maka jika kamu menemukan produk mozzarella yang katanya bebas lemak atau rendah lemak, sebaiknya kamu tidak membelinya.

Meskipun mozzarella memliki kandungan lemak yang cukup tinggi, namun itu tidak membuatnya menjadi keju yang berbahaya. Pasalnya, ia memiliki kandungan kalori yang lebih rendah dibanding keju lain seperti keju cheddar.

4. Mozaarella banyak jenisnya

Baca Juga:Nonton Mencuri Raden Saleh lk21 Full Movie Kualitas HD, Sinopsis dan Daftar PemainBorderline Personality Disorder BPD Jangan Self Diagnose!

selama ini kamu berpikir keju mozzarella tidak memiliki jenis-jenis yang berbeda, kamu salah besar. Keju yang satu ini ternyata dibagi lagi menjadi 12 jenis yang berbeda berdasarkan cara pengolahan dan bentuknya.

Sebagai contoh, keju mozzarella pecorella yang berbahan susu domba merupakan salah satu jenisnya. Sisanya, ada juga fresh mozzarella, bocconcini, burrata, dan yang lainnya.

0 Komentar