Manfaat Daun Murbei Untuk Kesehatan

murbei
(Istimewa/Pintrest/
0 Komentar

Sumedangekspres – Daun murbei lebih banyak ditemukan, daun murbei ini lazim dimanfaatkan sebagai tanaman pakan ternak. Tidak hanya untuk ulat sutra, tetapi juga untuk pakan sapi, kerbau hingga unggas.

Karena terbukti pemberian pakan dengan daun murbei memberikan manfaat terhada stamina, ketahanan tubuh dan pembentukan massa otot dari hewan ternak.

Dan rupanya sejumlah manfaat juga bisa Anda dapatkan bila daun murbei dikonsumsi oleh manusia. Untuk itu berikut ini beberapa manfaat daun murbei untuk kesehatan.

Manfaat Daun Murbei

Baca Juga:Rekomendasi Toko Makanan Korea Frozen Food Viral TiktokFakta Unik Menarik Keju Mozarella, Yuk Cari Tahu!

1. Menurunkan kadar gula darah
Daun murbei mengandung beberapa komponen yang dapat membantu mengontrol diabetes. Komponen-komponen tersebut, akan membantu mencegah penyerapan karbohidrat berlebih di saluran cerna, sehingga kadar gula darah bisa terjaga di kadar normal.

2. Menurunkan kolesterol
Manfaat daun murbei yang satu ini didapatkan dari ekstraknya. Sebuah penelitian menyebutkan, mengonsumsi ekstrak daun murbei tiga kali sehari sebelum makan, terbukti dapat menurunkan kolesterol total, kadar trigliserida, serta kolesterol jahat (LDL) di dalam darah.

Meski begitu, penelitian ini hanya dilakukan dalam skala yang kecil. Sehingga, masih dibutuhkan penelitian pendukung yang dilakukan dalam skala yang lebih besar untuk benar-benar memastikan bahwa penurunan kolesterol yang terjadi memang konsisten.

3. Mengurangi peradangan
Daun murberi juga memiliki sifat antiradang, sehingga bisa mengurangi risiko tubuh mengalami berbagai penyakit kronis. Teh daun murbei juga disebut berpotensi mengurangi nyeri yang ditimbulkan akibat peradangan di tubuh.

4. Menjaga kesehatan rongga mulut
Sebuah penelitian dilakukan dengan menambahkan ekstrak daun murbei ke dalam permen karet. Hasilnya, permen karet tersebut terbukti efektif mengurangi jumlah bakteri S. mutans di rongga mulut. Bakteri tersebut adalah penyebab utama gigi berlubang.

5. Baik untuk kesehatan hati
Pada penelitian yang dilakukan menggunakan hewan uji dan di laboratorium, ekstrak daun murbei terbukti dapat melindungi sel-sel hati dari kerusakan. Selain itu, bahan ini juga mampu mengurangi inflamasi atau peradangan yang terjadi di hati.

0 Komentar