Sering Kesulitan Merangkai Kata Saat Menulis? Berikut 4 Tips agar Kamu Lancar Menulis

4 Tips agar Kamu Lancar Menulis
4 Tips agar Kamu Lancar Menulis
0 Komentar

sumedangekspres – 4 Tips agar Kamu Lancar Menulis Kegiatan menulis merupakan suatu kemampuan yang termasuk ke dalam hard skill. Sebagian orang menjadikan kemampuan menulis sebagai suatu pekerjaan, seperti novelis, jurnalis, content writer, script writer, dll. Namun, tidak sedikit pula orang-orang menjadikan menulis sebagai suatu hobi.

Menulis juga bisa dijadikan sebagai salah satu bentuk pengekspresian diri, karena kita dapat mencurahkan isi hati, segala emosi kita ke dalam bentuk tulisan. Kenyataannya menulis tidak semudah itu, tidak semudah apa yang kita pikirkan.

Terkadang kita mengalami kesulitan dalam prosesnya, contohnya sulit merangkai kata-kata/menyusun sebuah kalimat. Ini merupakan hal lumrah yang kerap terjadi bagi semua orang.
Namun ada beberapa cara bagi kamu ketika mengalami kesulitan dalam merangkai kata-kata saat kamu sedang menulis. Simak tipsnya berikut ini!

4 Tips agar Kamu Lancar Menulis

Baca Juga:5 Paduan Outfit Cowok yang Bisa Kamu Terapkan untuk Pergi KuliahIntip Kelebihan BBM Shell dibanding kompetitor lain,jangan sampai salah pilih!

1. Menulislah seperti kamu sedang berbicara
Menulis dengan berbicara tentunya sangat berbeda. Dalam menulis, terkadang kita selalu memikirkan aturan atau kaidah penulisan. Hal ini secara tidak langsung akan menjadi hambatan ketika kita ingin menuangkan sebuah tulisan.
Berbeda dengan berbicara, kita akan lebih mudah melakukannya karena berbicara tidak perlu memikirkan aturan atau kaidah tersebut. Nah, saat kamu sedang menulis pun, cobalah untuk tidak terlalu memikirkan hal-hal itu.
Bayangkan saja kata-kata yang akan kamu tuangkan itu sebagai bentuk perwakilan dari kata-kata yang akan kamu ucapkan. Dengan begitu akan memudahkan kamu dalam menulis.

2. Perbanyak membaca
Mungkin yang satu ini terdengar klise, tapi percayalah, dengan banyak membaca justru akan menambah wawasan kamu mengenai referensi-referensi penulisan serta dapat mengetahui bagaimana cara menulis yang benar. Karena dengan banyak membaca, kamu akan terbiasa berhadapan dengan banyak tulisan.

3. Menulis buku harian
Kesulitan-kesulitan dalam menulis juga bisa disebabkan karena diri kita sendiri yang jarang menulis atau belum terbiasa melakukannya. Maka kamu bisa mengantisipasinya dengan membiasakan diri untuk menulis, salah satu caranya dengan menulis buku harian.
Kamu bisa menuliskan apa pun ke dalam buku harian kamu, seperti mencurahkan isi hati kamu atau juga bisa dengan mengekspresikan semua hal-hal yang terjadi dalam keseharian kamu ke dalam bentuk tulisan.

0 Komentar