Sejarah Kecamatan Cimanggung Sumedang

Sekilas Sejarah Kecamatan Cimanggung
Sekilas Sejarah Kecamatan Cimanggung/Kantor Desa Cimanggung (foto: Des Cimanggung)
0 Komentar

sumedangekspres  Sejarah Cimanggung Sumedang pada awalnya Desa Cimanggung merupakan bagian dari wilayah Kecamatan Cikeruh, sebelum dibentuknya Kecamatan Cimanggung. Dan pada waktu itu wilayah Desa Cimanggung mencakup wilayah Desa Cimanggung ditambah dengan wilayah Desa Tegalmanggung.

Kemudian dikarenakan luas wilayah yang cukup besar ditambah dengan jumlah penduduk yang sudah mencukupi untuk dilakukan pemekaran wilayah, Desa Cimanggung dimekarkana menjadi dua wilayah desa yaitu Desa Cimanggung sebagai desa induk dan Desa Tegalmanggung sebagai desa pemekaran.

Pemekaran wilayah Desa Cimanggung ini ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Jawa Barat nomor 993/PM.122-Pem/Sk/1980 tertanggal 2 Juni 1980 tentang Persetujuan dan Pengesahan Pemekaran/Pemecahan Desa di Kabupaten Daerah Tingkat II Sumedang.

Baca Juga:Sejarah Kerajaan Sumedang Larang Sampai SekarangKisah Dan Sejarah Prabu Kiansantang

Berdasarkan surat keputusan tersebut, Desa Cimanggung memiliki wilayah di bagian barat bekas wilayah desa induknya, sementara Desa Tegalmanggung di bagian timurnya.

Ketika Kecamatan Cikeruh dimekarkan menjadi dua kecamatan, yaitu Kecamatan Cikeruh sebagai kecamatan induk dan Kecamatan Cimanggung sebagai kecamatan pemekaran, Desa Cimanggung termasuk wilayah yang ikut wilayah kecamatan pemekaran.

Berdasarkan sejarahnya, Desa Cimanggung dibentuk pada masa Kabupaten Sumedang dipimpin oleh Pangeran Kornel. Pada waktu itu, beliau menyatukan dusun-dusun yang berada di wilayah kekuasaan Kabupaten Sumedang menjadi desa-desa.

Wilayah Desa Cimanggung pada waktu itu yang berlokasi di antara Andalawak (Tanjungsari) dan Parakanmuncang, menjadi daerah tujuan pendatang karena merupakan daerah yang subur. Dan pada tahun 1812, dusun-dusun di wilayah ini disatukan menjadi sebuah pemerintahan desa, yaitu Desa Cimanggung.

Sebagai pemimpinnya, diangkatlah Surya Dilaga sebagai kepala desa (kuwu) yang memiliki sebutan Eyang Patinggi.

Kecamatan Cimanggung sendiri pemekaran dari Kecamatan Cikeruh (Sekarang Jatinangor) pada Juli 1987 lalu. Lalu, di Kecamatan Cimanggung sendiri ada daerah Parakanmuncang yang kaya akan sejarah.

Dulu sebelum ada Kabupaten Sumedang, Parakanmuncang sendiri merupakan Kabupaten dati II dengan rajanya Raden Dalem Tanubaya. Konon, wilayah Kabupaten Parakanmuncang mencakup sampai Cicalengka Kabupaten Bandung dan Limbangan Kabupaten Garut.

Baca Juga:Kisah Bahtera Nabi Nuh AsSejarah Awal Negara Indonesia

Menelusuri jejak dan sejarah jaman dahulu memang menjadi perbincangan hangat, meski waktu telah mengikisnya. Selain itu, Mystics and Horrors berbicara seolah-olah orang penasaran untuk membacanya.

0 Komentar