Kisah Mukzijat Nabi Nuh As

Mukzijat Nabi Nuh As
Mukzijat Nabi Nuh As/pinterest.net
0 Komentar

sumedangekspres – Mukzijat Nabi Nuh As Terjadinya Banjir Bandang Dalam Al-Qur’an, Nuh adalah salah satu nabi dan rasul dengan kedudukan sebagai Ululazmi. Sebanyak 43 ayat dari 28 surah di dalam Al-Qur’an membahas tentang Nuh.

Dakwah Nuh tiujukan kepada Bani Rasib. Nuh diutus oleh Allah untuk mengajarkan tauhid Ia berdakwah selama tiga generasi dan hanya memperoleh 70 orang pengikut dengan tambahan delapan anggota keluarganya.

Ajaran Nuh ditolak oleh kaumnya sehingga Allah memberikan peringatan kepada mereka dengan banjir bandang akibat hujan berkepanjangan. Kisah banjir bandang disebutkan dalam beberapa ayat di Surah Nuh dan Surah Hud.

Baca Juga:Sejarah Berdirinya Agama Islam Di SumedangGame Apex Legends Mobile Resmi Ditutup? Apakah Tidak Bisa Bersaing Dengan Game Battle Royale Lain?

Nuh merupakan salah satu manusia yang diberikan wahyu oleh Allah dan dipilih olehNya sebagai rasul. Informasi kerasulan Nuh diperoleh dari Surah An-Nisa’ ayat 163.

Kerasulan Nuh juga diketahui dari Surah Ali Imran ayat 33 dan 34 Nuh merupakan rasul pertama karena ia yang pertama kali diperintah oleh Allah untuk berdakwah kepada suatu kaum. Menurut keterangan Ibnu Jarir ath-Thabari, Nuh berdakwah kepada Bani Rasib.

Terdapat beberapa pendapat ulama mengenai usia Nuh ketika menjadi rasul, antara lain pada usia 50, 350 atau 480 tahun.

Nuh memulai dakwahnya secara sembunyi-sembunyi. Setelahnya ia berdakwah secara terang-terangan dengan memberikan motivasi dan peringatan kepada kaumnya.

Sejak Nuh memulai dakwahnya, kaumnya menganggap dirinya sebagai orang yang sesat. Kaum Nuh pada masanya ada yang menyakini politeisme dan ada pula yang mengadakan perbuatam syirik.

Nuh berdakwah kepada kaumnya selama 950 tahun. Jumlah pengikutnya tidak lebih dari 80 orang.

Setelah Nuh tidak lagi meyakinkan kaumnya untuk beriman kepada Allah, perintah pembuatan kapal diberikan kepada Nuh.

Baca Juga:Kata-Kata Motivasi Penyemangat Hidup Terbaik, Favorit Kamu yang Mana?Keistimewaan Orang yang Lahir di Bulan Februari, Apakah Kamu Termasuk? Yuk Cari Tahu!

Perintah pembuatan kapal dari Allah kepada Nuh disebutkan dalam Surah Hud ayat 37.

Dalam ayat ini juga Allah memberitahukan bahwa kaum Nuh yang ingkar akan ditenggelamkan. Para ahli sejarah sepakat bahwa banjir bandang yang menimpa kaum Nuh benar-benar pernah terjadi.

Ini didasarkan pada banyaknya kisah banjir bandang dari berbagai agama, keyakinan dan kepercayaan, serta kebudayaan di beberapa negara.

0 Komentar