Intrapersonal Skill Berbeda Dengan Interpersonal Skill, Simak Penjelasannya!

intrapersonal dan interpersonal pada kenyataannya memiliki makna yang berbeda
intrapersonal dan interpersonal pada kenyataannya memiliki makna yang berbeda
0 Komentar

sumedangekspres – Intrapersonal dan interpersonal adalah istilah yang cukup akrab di telinga banyak orang. Saking miripnya, terkadang orang mengartikan kedua istilah itu dengan makna yang sama.

Namun, istilah intrapersonal dan interpersonal pada kenyataannya memiliki makna yang berbeda. Kedua istilah ini sama-sama merujuk pada kemampuan seseorang, namun diimplementasikan dengan cara yang berlawanan.

Secara sederhana, interpersonal skill adalah kemampuan untuk memahami orang lain, apa yang memotivasi mereka, bagaimana mereka bekerja, dan bagaimana cara bekerjasama dengan mereka. Pedagang, politisi, guru, dokter, dan pemimpin agama yang sukses, cenderung menjadi individu dengan kecerdasan interpersonal yang tinggi.

Baca Juga:Honda Civic Type R 2023 : Spesifikasi, Harga Baru dan Bekas3 Ide Mendapatkan Cuan di Internet untuk Pelajar

Sementara itu, Intrapersonal skill adalah kemampuan korelatif yang berbalik ke dalam. Kemampuan ini menandakan kapasitas dalam membentuk model diri yang akurat, dan mampu menggunakan model itu untuk beroperasi secara efektif dalam kehidupan.

Seorang peneliti sosial bernama Gardner mencatat bahwa, inti dari kecerdasan interpersonal meliputi kemampuan untuk memahami dan menanggapi dengan tepat sasaran sesuai suasana hati, temperamen, motivasi, dan keinginan orang lain.

Sedangkan dalam kecerdasan intrapersonal, kunci untuk pengetahuan diri meliputi akses ke perasaan pribadi untuk memandu perilaku.

Keterampilan interpersonal Anda bisa membantu Anda berkolaborasi dengan orang lain.Tanpa keterampilan interpersonal yang baik, Anda mungkin akan merasa sulit untuk menyesuaikan diri di mana pun, atau membaca situasi. Selain itu, Anda juga dapat secara tidak sengaja merusak lingkungan kerja Anda, atau menciptakan gesekan yang mengganggu kreativitas, produktivitas, dan nilai-nilai Anda.

Sementara itu, keterampilan intrapersonal Anda dapat membantu Anda untuk mengenali kekuatan dan kelemahan Anda sendiri. Keterampilan ini mencakup semua tentang dialog internal yang Anda miliki dengan diri Anda sendiri. Keterampilan komunikasi intrapersonal yang baik, bisa membantu Anda mengelola emosi secara efektif, menetapkan tujuan, memotivasi diri sendiri, mengatasi gangguan, menyusun strategi, dan menyesuaikan pendekatan Anda terhadap situasi tertentu.

Keduanya adalah soft skill yang berkontribusi besar pada pertumbuhan pribadi, kemampuan untuk menetapkan dan mencapai tujuan, serta kesuksesan Anda secara keseluruhan.

0 Komentar