Mitos Legenda Gunung Semeru Dan Ramalan Pulau Jawa

Mitos Legenda Gunung Semeru Dan Ramalan Pulau Jawa
Foto/Adobe Stock
0 Komentar

Cerita ini sudah lama berkembang di warga Banyumas dan sekitarnya yang dikaitkan dengan ramalan Jayabaya. Mereka meyakini mitos yang menyebutkan Pulau Jawa akan terbelah jika Gunung Slamet meletus.

4. Misteri Kawasan Kelik

Bagi yang pernah mendaki Semeru, mungkin sudah tahu tentang misteri di Kawasan Kelik. Kawasan ini merupakan lokasi yang terdapat banyak sekali nisan untuk orang-orang yang meninggal ketika mendaki Gunung Semeru.

Salah satunya milik aktivis Soe Hok Gie, konon ketika para pendaki melewati kawasan kelik, para pendaki ada yang mengalami kesurupan roh manusia dan roh binatang.

5. Penunnggu Ranu Kumbolo

Baca Juga:Raja-Raja Yang Berkuasa Di Sumedang LarangKesenian Tarawangsa Rancakalong Sumedang

Misteri Gunung Semeru lainnya adalah kisah penghuni Ranu Kumbolo, danau yang berada di ketinggian 2.389 mdpl. Di mana masyarakat sekitar percaya keberadaan dewi berpakaian kebaya kuning di Ranu Kumbolo.

Para pengunjung dilarang mandi, mencuci, bahkan mendirikan tenda dengan jarak 10 meter dari bibir danau. Para pengunjung juga dilarang memancing atau menangkap ikan apa pun di danau tersebut. Konon katanya, dewi itu suka menjelma menjadi ikan emas besar yang bertugas menjaga wilayah tersebut.

0 Komentar