Musrenbang Cimanggung Bahas Sampah dan Bencana

Musrenbang Cimanggung Bahas Sampah dan Bencana
Musrembang yang bertemakan "SDM unggul dan digital ekonomi unggul,  daya saing daerah ini dihadiri langsung DPRD Kabupaten Sumedang, unsur Forkompimcam dan kepala desa se-Kecamatan Cimanggung
0 Komentar

sumedang, CIMANGGUNG – Pemerintah Kecamatan Cimanggung melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2023 di aula Kantor Kecamatan Cimanggung pada Rabu (8/2).

Musrembang yang bertemakan “SDM unggul dan digital ekonomi unggul” dihadiri langsung oleh anggota DPRD Kabupaten Sumedang, unsur Forkompimcam dan kepala desa se-Kecamatan Cimanggung.

Musrenbang tingkat kecamatan adalah suatu forum musyawarah antar pemangku kepentingan, untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas. Program tersebut dicantumkan dalam daftar usulan rencana kegiatan pembangunan desa, yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah Kabupaten Sumedang.

Baca Juga:Wisata Edukasi Gunung KunciKetahanan Pangan Bengaruh Terhadap Keamanan Sumedang

“Harapan untuk Kabupaten Sumedang tahun 2023 ini, kami dapat menyelesaikan persoalan sampah, normalisasi sungai, serta penanganan urgen lainya.”
ujar camat Cimanggung, DikDik Syeh Rizki.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD Sumedang Asep Kurnia, S.H, M.H menyampaikan bahwa musrenbang yang berjalan saat ini adalah perencanaan pembangunan di Kecamatan Cimanggung pada tahun 2024. Di mana perencanaan tahun 2024 ini menentukan kegiatan yang penting atas usulan dari masyarakat.

“Kegiatan ini harus benar-benar teknokratik. Tadi disampaikan dalam persoalan di Kecamatan Cimanggung, bahwa upaya untuk menanggulangi sampah dan banjir memerlukan partisipasi dari semua elemen.” tuturnya.

Menurutnya, upaya penanggulangan sampah dan banjir, harus melibatkan pemerintah desa, kecamatan, dan kabupaten.

“Artinya, harus ada sinkronisasi. Termasuk pendekatan politis dalam menyelesaikan persoalan banjir yang terjadi secara rutin, “tegasnya. (kos)

0 Komentar