Usai Pesta Hajatan, Puluhan Warga Keracunan

Usai Pesta Hajatan, Puluhan Warga Keracunan
Usai Pesta Hajatan, Puluhan Warga Keracunan/Unsplash Kateryna Hliznitsova
0 Komentar

sumedangekspres – Usai menikmati prasmanan di hajatan, 26 warga Desa Babakan, Kecamatan Tenjo, Kabupaten Bogor diduga mengalami keracunan.

Menurut Camat Tenjo Yudhi Utomo, peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu, 11 Februari 2023.

Awalnya, ada warga yang datang ke UGD Puskesmas dengan gejala mual, pusing, muntah dan lemas.

Baca Juga:Update Jari Kelingking Bayi Putus: Perawat Damai dengan Beri Uang Ratusan Juta!Gamis Abu Abu Cocok dengan Jilbab Warna Apa? Yuk Disimak Inspirasinya!

“Dilakukan pemeriksaan petugas medis Puskesmas Tenjo ternyata gejala keracunan makanan. Sehingga dilakukan penanganan intensif.” kata camat itu, pada Minggu, 12 Februari 2023.

Kemudian di Puskesmas Pasarrebo juga, tiba-tiba ada banyak warga yang datang dengan keluhan yang sama. Yang kemudian dilakukan penanganan medis.

Karena kapasitas pasien di puskesmas itu terbatas, balai Desa Babakan menjadi tempat alternatif untuk menampung 10 warga lainnya yang rawat inap.

“Masih antisipasi ada yang harus rawat inap. Petugas medis berkoordinasi dengan rumah sakit terdekat di Tangerang antisipasi terjadi rujukan.” katanya.

“Rawat inap di UGD Pusekesmas Tenjo sebanyak 12 orang. Rawat inap di Balai Desa Babakan sebanyak 10 orang. Dan 52 orang memilih rawat jalan.” kata Yudhi.

Yudhi mengungkapkan, pada Jum’at, 10 Februari 2023, puluhan warganya yang datang ke puskesmas itu diduga mengalami keracunan makanan di pesta pernikahan.

Selain warganya, semua pengisi dan panitia acara serta orang yang datang ke pernikahan itu mengeluhkan gejala yang serupa.

Baca Juga:Baju Cream Cocok dengan Jilbab Warna Apa Sih? Kuyy Intip Disini!Baju Coksu Cocok dengan Jilbab Warna Apa Ya? Mari Kita Simak!!

“Dirumah ditemukan dari sisa makanan yg diduga berasal makanan dari bahan jamur dan ikan tongkol. Keluarga pemangku hajat, tamu undangan, panitia hajat, tukang sound, juga tenda terkena dampak. Sehingga ditangani lebih lanjut secara khusus oleh Polsek dan Puskesmas Tenjo.” katanya.

“Tidak ada korban jiwa dan belum ada yang dirujuk ke rumah sakit. Petugas dan 2 mobil ambilans serta 1 mobil siaga masih standby antisipasi ada warga yang harus dilakukan penanganan darurat.” tutupnya.

Kapolsek Tenjo, Iptu Suyadi, mendapatkan informasi mengenai menu hajatan. Yaitu terdapat soto, makanan berbahan jamur, dan ikan tongkol.

“Info awal, mereka mengkonsumsi soto dan lainnya pada makanan di resepsi pernikahan warga sekitar.” kata Suyadi.

0 Komentar