Ribuan Pantarlih Langsung Bekerja Usai Dilantik

Ribuan Pantarlih Langsung Bekerja Usai Dilantik
Panitia Pemungutan Suara (PPS) bekerja sama dengan Desa setempat, untuk membentuk Petugas Pantarlih atau Pemuktahiran Data Pemilih
0 Komentar

sumedang, KOTA – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumedang, Ogi Ahmad Fauzi melantik ribuan Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih), untuk melaksanakan Pemilu tahun 2024 mendatang.

Pantarlih dibentuk berdasarkan basis Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Kami melantik 3.635 anggota Pantarlih, ada 4 kegiatan yang hari ini dilakukan. Di antaranya apel siaga kesiapan Pantarlih, pelantikan Pantarlih, bimbingan teknis (Bimtek) Pantarlih, dan Coklit (Pencocokan dan Penelitian).” kata Ketua KPU Sumedang, Ogi Ahmad Fauzi.

Disebutkan, pencocokan dan penelitian dimulai hari Minggu tanggal 12 Februari 2023, sampai 14 Maret 2023.

Baca Juga:Permintaan Telur Meningkat Di Moment Isro Mi’rajContoh Iklan Layanan Masyarakat Berbahasa Jawa, Bermakna dan Mudah Diingat

“Petugas pantarlih akan melakukan Coklit data Pemilih ke rumah- rumah warga.” terangnya.

Pantarlih bertugas membantu Panitia Pemungutan Suara (PPS), dalam penyusunan dan pemutakhiran data Pemilih. Selain melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih, panitia juga akan memberikan tanda bukti terdaftar sebagai pemilih.

“Pantarlih ini adalah ujung tombak penyelenggaraan Pemilu, berkualitas atau tidaknya Pemilu ditentukan oleh Pantarlih dalam menjalankan tugasnya.” beber Ogi.

Ketika Pantarlih membuat data pemilih yang berkualitas, maka akan menghasilkan Pemilu yang berkualitas dan mendapatkan legitimasi.

“Semua yang terlibat adalah bagian dari sejarah republik Indonesia karena menjadi bagian Pantarlih. Sukses tidaknya pelaksanaan Pemilu 2024 juga ditentukan oleh peran Bapak Ibu semua.” terang Ogi saat melantik Pantarlih di Desa Kadujaya Kecamatan Jatigede, Minggu (12/2).

Sebagai pelaku sejarah, kata Ogi, maka buatlah catatan sejarah yang baik agar dikenang dan menjadi kebanggan anak cucu.

“Untuk kegiatan Coklit, KPU Sumedang melakukan Coklit di hari pertama dengan mengunjungi rumah Wakil Bupati Sumedang, Erwan Setiawan di kediamannya, Desa Margajaya Kecamatan Tanjungsari.”

Ciptasari melantik 18 Petugas Pantarlih

Baca Juga:Referensi Design Produk Yang Mudah Digambar Referensi Gambar Produk Minuman Yang Mudah Ditiru dan Dikreasikan

Panitia Pemungutan Suara (PPS) bekerja sama dengan Desa setempat, untuk membentuk Petugas Pantarlih atau Pemuktahiran Data Pemilih.

Seperti di Desa Ciptasari misalnya, tepatnya tanggal 12 Februari kemarin telah dilantiknya 18 petugas Pantarlih. Di mana peran Pantarlih merupakan garda terdepan.

“Dibentuknya Pantarlih, diharapkan dapat turut menyukseskan Pemilu 2024. Khusunya di Desa Ciptasari ini.” ujar Ketua PPS Desa Ciptasari, Asep Setiadimulya.

Adapun masa kerja Pantarlih dimulai tanggal 12 Februari 2022 hingga 14 Maret 2023. Pantarlih di Desa Ciptasari dilantik dan diberikan bimbingan teknis di hari yang sama. Dengan dibekali atribut yang mendukung kinerja saat bertugas, Pantarlih dapat dikenali oleh masyarakat.

0 Komentar