Cara Menghilangkan Bekas Luka di Badan Secara Alami, Minyak Kelapa Paling Ampuh. Simak Penjelasannya!

minyak kelapa
(Istimewa/Pinterest minyak kelapa)
0 Komentar

sumedangekspresĀ – Bekas luka hitam pekat biasanya tidak berbahaya dan tidak memerlukan pengobatan. Namun, jika Anda merasa kondisi tersebut mempengaruhi penampilan Anda, Anda bisa mencoba menggunakan cara menghilangkan bekas luka di badan secara alami.Ā 

Penyembuhan luka merupakan respon alami tubuh terhadap kerusakan jaringan, melibatkan regenerasi sel dan pembentukan kolagen, yang dipengaruhi oleh jenis luka dan perawatan luka. Luka yang tidak sembuh dengan baik menimbulkan berbagai jenis jaringan parut dan bisa bersifat sementara atau permanen.

Bekas luka bisa mengeras, bisul menghitam atau jaringan parut seperti kolagen. Daerah yang gatal dan tergores sering timbul bisul, sedangkan luka yang sering digaruk dapat menimbulkan bekas hitam akibat proses penyembuhan luka yang tidak tuntas.

Baca Juga:Nonton Film Horor Terbaru 2023 Waktu Maghrib Link Resmi Lengkap Dengan Sinopsis!Live Action One Piece Jadi Tayang Tahun 2023 Ini di Netflix? Netizen Tidak Ingin Terlalu Berekspektasi!

Selain dengan penggunaan obat dari apotik atau obat yang disarankan dari dokter berikut cara menghilangkan bekas luka secara alami dilansir dari halodoc:

1. Lidah buaya

Lidah buaya dapat meningkatkan penyembuhan luka dan membantu menghilangkan bekas luka bila digunakan bersamaan dengan metode lain. Anda bisa menggunakannya dengan mengeluarkan gel dari kulit lalu mengoleskannya pada bekas luka dengan gerakan melingkar.

2. Vitamin E

Vitamin E dapat mengobati jerawat dan menyembuhkan bekas luka. Meski hasilnya tidak terlalu signifikan, setidaknya bisa membantu meringankan bekas luka. Ini digunakan dengan membuka kapsul vitamin E dan menuangkannya ke bekas luka. Pijat area yang cedera selama sekitar 10 menit. Setelah 20 menit, bilas minyak dengan air hangat.

3. Madu

Madu dapat menghilangkan bekas luka karena mengandung sifat anti inflamasi dan antibakteri. Pengaplikasiannya bisa dilakukan dengan menutup bekas luka dengan madu dan membalut bekas luka yang tertutup madu dengan perban. Biarkan sepanjang malam. Di pagi hari, lepaskan perban dan bersihkan madu dengan air hangat.

4. Minyak Kelapa

Menggunakan minyak kelapa dapat membantu memudarkan bekas luka. Anda bisa menggunakannya dengan cara memanaskan beberapa sendok makan minyak kelapa secukupnya lalu mengoleskan minyak tersebut ke bekas luka selama kurang lebih 10 menit. Biarkan kulit menyerap minyak minimal 1 jam dan ulangi 2-4 kali sehari.

0 Komentar