Kenali Cara Diet OCD yang Sehat Lagi Efektif Bagi Para Pemula

Kenali Cara Diet OCD yang Sehat Lagi Efektif.
Kenali Cara Diet OCD yang Sehat Lagi Efektif. Sumber : Pexels
0 Komentar

sumedangekspres – Diet OCD merupakan program diet yang dipopulerkan oleh Deddy Corbuzier dengan cara berpuasa selama 16 jam. Diet ini hanya memperbolehkan para pelakunya untuk makan pada jendela waktu 8 jam.

Metode diet OCD ini juga dikenal dengan istilah 16:8. Setelah 2 minggu terbiasa dengan diet ini, jendela makan Anda dapat diturunkan menjadi 6 jam, dan lama kelamaan menjadi 4 jam.

Diet OCD atau diet intermiten dinilai mampu meningkatkan pengelolaan berat badan. Termasuk menurunkan risiko penyakit kronis dan meningkatkan kesehatan otak.

Baca Juga:Arsip Surat Pribadi Mendiang Putri Diana, Terjual Seharga £161.000Aplikasi “Wanter” Tingkatkan Wawasan Anemia

Dilansir dari halodoc, berikut ini satu persatu jenis jendela makan dalam diet OCD yang bisa dipilih :

1. Jendela Makan 8 Jam (16:8)

Bagi para pemula, sebaiknya dimulai dengan jendela makan yang satu ini. Jendela makan 8 jam memperbolehkan Anda makan selama 8 jam sehari, lalu dilanjutkan dengan puasa selama 6 jam, dalam hitungan waktu 24 jam.

Jadi, selama 8 jam itu, Anda bebas mengonsumsi makanan dan minuman apa saja selama tidak dalam kapasitas yang berlebihan.

Lalu, setelah waktu 8 jam habis, Anda tidak boleh mengonsumsi makanan dan minuman selain air putih. Saat mengatur jadwal puasa dan jendela makan, sebaiknya Anda melakukannya secara teratur, setidaknya selama kurun waktu 2 minggu.

2. Jendela Makan 6 Jam (18:6)

Setelah dua minggu menjalani jendela makan 8 jam, Anda perlu melanjutkan ke tahap kedua, yaitu jendela makan 6 jam. Di tahap kedua ini, ada sedikit perbedaan dan penambahan waktu diet. Anda boleh mengonsumsi makanan apa saja selama 6 jam. Lalu diwajibkan berpuasa selama 18 jam.

Misalnya, jika Anda membuka jendela makan pada pukul 10 pagi. Pada 6 jam berikutnya, yaitu pukul 4 sore, Anda harus sudah mulai puasa. Sama seperti tahap sebelumnya, Anda tidak boleh mengonsumsi makanan dan minuman apa pun kecuali air putih hingga pukul 10 pagi keesokan harinya.

Jendela makan 6 jam ini juga sebaiknya dilakukan selama 2 minggu.

3. Jendela Makan 4 Jam (20:4)

Setelah tubuh mampu menyesuaikan diri, masuklah ke jendela makan di tahap selanjutnya. Tahap ini bisa dimulai dengan jendela makan yang sangat sedikit, yaitu hanya 4 jam dalam satu hari.

0 Komentar