Ternak Jantan Muda Mulai Jadi Incaran Petani

Ternak Jantan Muda Mulai Jadi Incaran Petani
Ternak Jantan Muda Mulai Jadi Incaran Petani
0 Komentar

sumedang, CISITU – Ternak berjenis kelamin jantan mulai banyak dicari petani. Ternak domba dan sapi jantan memang sudah mulai banyak dicari petani dan bandar, hal itu untuk mengejar target idul fitri dan idul adha.

Salah satu bandar ternak di Kecamatan Darmaraja, Dedi menyebutkan, dari sekarang sudah mulai start mencari ternak domba dan sapi jantan, biasanya petani minta sapi dan domba jantan yang masih muda dan siap untuk kurban idul adha.

“Sekarang petani banyak yang nyari ternak jantan, misalkan domba yang baru berumur 7 atau 8 bulan, jadi moment idul fitri atau idul adha itu umurnya sudah layak untuk akekah dan qurban,”katanya

Baca Juga:Kapolsek Cimalaka Sampaikan Himbauan Keselamatan BerkendaraPasar Tradisional Dituntut Kembangkan Ekonomi

Dampaknya, harga domba dan sapi jantan saat ini masih mulai tinggi, padahal biasanya moment seperti ini justru harga ternak ada di bawah, sebab para petani butuh biaya hidup sebelum datang masa panen padi.

“Dugaan saya harga ternak tinggi karena banyak permintaan,”kata dia

Salah satu petani ternak asal Darmaraja, Tasri mengakui, dirinya biasa belanja ternak domba jantan pada moment seperti ini, tujuannya agar datang waktunya lebaran idul adha dirinya bisa menjual domba yang umurnya sudah masuk kriteria dengan harga tinggi.

“Memang sekarang moment yang tepat untuk memperbanyak ternak domba jantan, misalkan sekarang beli kisaran 1,5 sampai 1,7 juta, pas moment idul adha tiba bisa dijual dengan harga 3,5 sampai 4 juta per ekornya,”katanya

Meski hal itu terjadinya hanya satu tahun sekali, tapi untuk dijadikan penghasilan tahunan itu sangat epektif.

“Menjual ternak pada moment idul adha memang bisa diandalkan untuk penghasilan tahunan,”katanya (eri)

0 Komentar