Tol Cisumdawu Masih Gratis Hingga Akhir Bulan Ini!

Tol Cisumdawu Gratis
Tol Cisumdawu Gratis/IG @majalengkaviral
0 Komentar

sumedangekspres – Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) masih gratis hingga akhir Februari 2023 ini. Masih gratis karena seperti yang diketahui, pembangunan ini ditargetkan selesai akhir bulan ini.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mendorong PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) untuk mempercepat penyelesaian pekerjaan Jalan Tol Cisumdawu.

Terutama di Seksi 4 Cimalaka – Legok (8,2 km). Juga di Seksi 5A dan 5B Legok – Ujung Jaya (14,9 km) yang ditargetkan akhir Februari dapat beroperasi secara fungsional.

Baca Juga:Peserta Asal China di ‘Boys Planet 999’ Mengabaikan Peserta Asal KoreaHarga New Honda Beat dengan Kapasitas Tangki Bensin Lebih Besar!

“Seksi 4 ini sudah bagus, nanti akan ada taman. Kalau ada bentang alam seperti batuan di lereng biarkan, diperkuat saja supaya unsur geologisnya terlihat.” kata Menteri PUPR.

“Sementara Seksi 5A dan 5B untuk memperhatikan kerapihan dan manajemen waktunya.” lanjutnya.

Para kontraktor pelaksana pun dihimbau agar saling bekerjasama demi mempercepat penyelesaian pembangunan. Supaya target fungsional Jalan Tol Cisumdawu dapat tercapai pada akhir Februari 2023.

“Tolong kerjasamanya juga supaya kalau yang satu selesai, yang lain juga bisa segera selesai. Jadi semuanya sama-sama senang.” kata Menteri Basuki.

Biaya Konstruksi
Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian juga ikut berbiacara, bahwa Seksi 1 telah beroperasi sejak Januari 2022. Dilanjutkan dengan Seksi 2 dan Seksi 3 yang telah beroperasi sekaligus mendukung kelancaran lalu lintas kendaraan selama Nataru 2022/2023.

“Kita berharap setelah terhubungnya Jalan Tol Cisumdawu ini akan memberikan peran penting sebagai konektivitas pendukung pertumbuhan ekonomi, peningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan membuka banyak peluang usaha baru di wilayah Jawa Barat khususnya konektivitas dari Bandung menuju ke Kertajati.” katanya.

Sepeti yang diketahui, Tol Cisumdawu terdiri dari 6 seksi yang dikerjakan dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan biaya konstruksi Rp 5,5 triliun.

Baca Juga:Download Video Youtube Tanpa Aplikasi di Y2Mate: Mudah, Gratis, dan CepatYesss! Tol Cisumdawu Beroperasi Penuh 8 Hari Lagii

Seksi 1 dan 2 dikerjakan oleh Pemerintah sebagai bagian dari viability gap fund (VGF) guna menaikkan kelayakan investasi tol tersebut. Sedangkan Seksi 3-6 dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol yakni, PT Citra Karya Jabar Tol.

Seksi 

Seksi I (Cileunyi – Pamulihan sepanjang 12 km)
Seksi II (Pamulihan – Sumedang sepanjang 17,51 km)
Seksi III (Sumedang – Cimalaka sepanjang 3,73 km)

0 Komentar