BUKAN TAK ADA BLANKO, Hampir 20 Ribu Warga Sumedang Belum Miliki KTP

Hampir 20 Ribu Warga Sumedang Belum Miliki KTP
Hampir 20 Ribu Warga Sumedang Belum Miliki KTP (FOTO:SUMEKS)
0 Komentar

sumedangekspres– Hampir 20 Ribu Warga Sumedang Belum Miliki KTP, tepatnya sebanyak 19.216 warga Sumedang belum memiliki e KTP, padahal mereka sudah wajib ber-KTP.

Ketua Komisi 1 DPRD Sumedang, Asep Kurnia menyebutkan, warga yang belum memiliki KTP itu berasal dari kalangan pemula.

Warga Sumedang yang belum memiliki KTP itu berasa dari beberapa kecamatan.

Baca Juga:Perbaikan DPS di Sumedang Tidak Sesuai,Masih Ada Juga Data Pemilih yang Sudah Meninggal DuniaSonia Regency 3, Perumahan Bersubsidi yang Bebas Uang Muka, Sonia Sugian Memberikan Bukti, Bukan Janji

Antara lain, Kecamatan Cimanggung sebanyak 1.692 orang, Kecamatan Jatinangor sebanyak 1.681 orang, Kecamatan Sumedang Utara 1.654 orang, Kecamatan Tanjungsari 1.497 orang, Kecamatan Sumedang Selatan 1.303 orang, Kecamatan Cimalaka 1.043 orang dan Kecamatan Pamulihan sebanyak sebanyak 1.001 orang.

“Ada beberapa penyebab, di antaranya karena memang mereka belum merekam lantaran baru genap menginjak usia 17 tahun atau sudah berusia 17 tahun tapi belum inisiatif untuk melakukan perekaman,” katanya usai monitoring ke Kantor Disdukcapil Kabupaten Sumedang, Selasa (21/2).

Nanti, kata Asep, yang seribu orang di Kecamatan Cimanggung itu akan dikroscek, siapa saja dan desa mana?

Jika sudah ditemukan, pihaknya nanti bisa menghimbau yang bersangkutan agar segera melakukan perekaman eKTP.

“Targetnya, beberapa bulan ke depan, seluruh masyarakat Sumedang yang sudah wajib ber KTP, bisa memiliki KTP sebagai administrasi kependudukan, yang memang harus dimiliki setiap warga negara,” bebernya.

Lebih jauh Asep menyebutkan, angka 19.216 itu, hanya 2,14 persen dari 896.320 ribu jumlah wajib KTP.

Artinya, sebanyak 877.104 orang warga Sumedang sudah memiliki KTP.

“Ini adalah kemajuan yang luar biasa karena hanya tingga 2,14 persen lagi,” kata Asep menegaskan.

Baca Juga:TEMPAT WISATA Dekat Alun-alun Sumedang, Hanya 7 Menit dari Pintu Tol CisumdawuAndi Muh Yuslim Patawari Siap Ramaikan Perebutan Kursi DPR RI

Untuk menuntaskan yang 2,14 persen itu, pihaknya bersama Dinas Kependudukan dan Catatan Spil (Disdukcapil) Kabupaten Sumedang akan melakukan sosialisasi secara masif ke kecamatan-kecamatan yang memang harus mendapatkan prioritas.

Bahkan untuk menuntaskannya, Disdukcapil telah menyiapkan 10 ribu keping blanko e-KTP, yang diperuntukan bagi warga yang belum memiliki KTP.

“Kita prioritaskan untuk warga yang belum memiliki KTP,” katanya.

Selain KTP, masalah Kartu Keluarga juga menjadi sorotan DPRD juga.

“Jumlah Kepala Keluarga sekitar 400 ribuan dan itu sudah terdokumentasi ke dalam bentuk kartu keluarga,” terangnya.

Namun, kata Asep, ada beberapa di antara mereka tidak melakukan pembaruan data. “Ada yang sudah meninggal, ada yang sudah pindah tempat, sehingga melebihi jumlah total dari anggota keluarga itu sendiri,” ucapnya.

0 Komentar