Tips Meredakan Flu dengan Bahan Alami

tips meredakan flu dengan obat alami
tips meredakan flu dengan obat alami
0 Komentar

sumedangekspres- Ketika kondisi tubuh sedang tidak baik, salah satunya flu disertai batuk. Badan akan terasa tidak nyaman dan tentunya aktifitas menjadi terganggu. Namun, sebaiknya kita tidak langsung meminum obat yang berbahan dasar kimia. Alangkah lebih baiknya kita memanfaatkan bahan alami, yang ada di rumah untuk meredakan flu.

Berikut langkah atau upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi flu dengan bahan alami.

Kumur-kumur air garam
Kumur-kumur dengan air garam dapat membantu meredakan sakit tenggorokan akibat flu. Cara ini juga dapat membersihkan lendir yang menumpuk. Campurkan 1/2 sdt garam dengan 200 mililiter air hangat. Kumur-kumur dengan campuran tersebut selama 10-30 detik, lalu bilas.

Baca Juga:Sejarah Gedung SrimangantiMenelisik Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi

Menghirup uap
Mandi uap dapat membantu melembapkan tenggorokan dan saluran hidung, sekaligus membersihkannya dari lendir. Mengutip Everyday Health, cukup didihkan air, lalu masukkan ke dalam ember di kamar mandi. Anda bisa menghirup uapnya hingga 10 menit. Demikian beberapa cara alami redakan flu yang bisa Anda coba. Jika gejala tak berkurang, segera hubungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Memakan Sup

Cara alami redakan flu lainnya adalah mengonsumsi semangkuk sup ayam hangat. Selain membuat tubuh tetap terhidrasi, cara ini juga membantu melonggarkan dan memecah hidung serta sinus yang tersumbat. Tak cuma itu, kaldu juga dapat membantu mengisi kembali nutrisi saat Anda terserang flu.

Minum susu
Mineral zinc berperan penting untuk sistem kekebalan tubuh. Zinc membantu tubuh memproduksi sel darah putih untuk melawan virus. Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa zinc dapat meringankan gejala flu. Susu merupakan salah satu sumber zinc terbaik. Anda bisa meminum segelas susu hangat setiap pagi. Selain susu, zinc juga bisa didapat dari sumber lain, seperti:
– daging merah,
– kacang-kacangan,
– buncis,
– biji-bijian.

Itu tadi langkah atau tips meredakan flu dengan bahan alami, tanpa obat kimia. Meskipun demikian, kita tetap harus menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat seperti, mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, hindari makanan tidak sehat dan jangan lupa berolahraga. Selamat mencoba.

0 Komentar