Memanah, Olahraga Beragam Manfaat

Memanah, Olahraga Beragam Manfaat
0 Komentar

sumedangekspres- Panahan merupakan salah satu jenis olahraga yang disunahkan dalam islam, bahkan dianjurkan, Karena memilki berbagai manfaat yang tentunya baik untuk kesehatan. Selain itu, olah raga panahan cukup banyak peminatnya, di beberapa sekolah sudah mulai diadakan kegiatan atau, biasa disebut dengan ekstrakuliluker yang mengajarkan olahraga panahan. Berikut beberapa manfaat yang akan didapatkan dari melakukan olahraga ini.

  1. Meningkatkan Koordinasi Mata dan Tangan

Manfaat olahraga panahan yang pertama adalah meningkatkan koordinasi antara mata dan tangan Anda. Pasalnya ketika memanah, kedua tangan harus bekerja sama melakukan tugas berbeda, yakni membidik serta menembakkan anak panah sesuai sasaran yang mata Anda lihat. Nah, dengan terus melatihnya, koordinasi tubuh Anda pun akan menjadi jauh lebih baik.

  1. Menjaga Keseimbangan

Selain meningkatkan koordinasi, manfaat olahraga panahan juga dapat melatih keseimbangan tubuh. Sebab, saat menembakkan anak panah, Anda harus menjaga tubuh dalam posisi konstan. Sehingga, melakukan olahraga panahan secara rutin akan membuat otot inti Anda semakin terbiasa dalam menyeimbangkan tubuh.

Baca Juga:Mengenal Sejarah Bongsang, Keranjang Anyaman BambuJembatan Gantung Panyindangan, Spot Foto Hits di Sumedang

  1. Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi

Manfaat olahraga panahan berikutnya ialah meningkatkan fokus dan konsentrasi. Sebagai seorang pemanah, Anda harus memiliki kemampuan tinggi dalam berkonsentrasi untuk membidik sasaran. Anda tidak boleh terdistraksi dari berbagai gangguan, entah itu suara bising, angin, maupun tekanan dari lawan sehingga mampu memfokuskan diri pada target. Tujuannya ialah agar anak panah bisa tepat sasaran. Keterampilan untuk fokus dan berkonsentrasi ini tentu akan sangat berguna bagi kehidupan Anda sehari-hari.

  1. Membangun Kekuatan Tubuh

Walaupun tampak seperti tidak menggunakan banyak tenaga, akan tetapi nyatanya manfaat olahraga panahan ialah dapat membangun kekuatan dan mengencangkan otot-otot tubuh, terutama komponen tubuh bagian atas. Sebab, seluruh kekuatan otot inti mulai dari tangan, lengan, bahu, serta dada Anda akan digunakan ketika membidik dan melepaskan anak panah. Dengan melakukannya secara berulang dan terus-menerus, maka hal tersebut akan membantu mengembangkan otot sekaligus membangun kekuatan tubuh Anda menjadi jauh lebih kokoh.

  1. Membakar kalori

Siapa sangka jika manfaat olahraga panahan bisa membantu membakar kalori. Jangan salah, olahraga ini hanya kelihatannya saja seperti mudah dan sederhana. Padahal kenyataannya mulai dari berjalan menuju target, menarik busur, serta mengumpulkan kembali anak panah akan menghabis begitu banyak tenaga sehingga mampu membakar kalori dalam tubuh Anda. Bahkan, atlet panahan rata-rata diketahui berjalan 8 kilometer dalam sehari, di mana aktivitas tersebut menghilangkan kalori sekitar 100 sampai 150 kali setiap 30 menitnya [1].

0 Komentar