Rekomendasi Spot Panjat Tebing di Sumedang

Rekomendasi Spot Panjat Tebing di Sumedang
0 Komentar

sumedangekspres– Setiap orang memiliki hobi dan kegemaran yang berbeda, salah satunya panjat tebing. Panjat tebing merupakan salah satu jenis olahraga yang cukup digemari oleh sebagian orang. Meskipun terkesan berbahaya dan memerlukan keberanian yang cukup, karena memanjat di ketinggian puluhan meter membutuhkan adrenalin yang cukup.

Bagi kamu yang senang dengan olahraga ini, kamu bisa coba beberapa tempat di sumedang yang menyediakan spot panjat tebing diantaranya

Gunung Leutik

Secara administratif lokasinya berada di wilayah Kampung Cikareo Hilir, Desa Cikareo Selatan, Kecamatan Wado,Kabupaten Sumedang. Aksebilitas menuju lokasi cukup bagus, bisa ditempuh melalui dari Kota Sumedang atau dari Malangbong Garut.

Baca Juga:Tips Menjaga Kesehatan Ketika HujanOlahan Puding dari Buah Strawberry

Menuju Tebing Gunung Leutik, bila menggunakan kendaraan pribadi roda empat kita harus menitipkan kendaraan di rumah penduduk sekitar, karena akses menuju tebing hanya bisa dicapai dengan sepeda motor. Secara topografi Tebing Gunung Leutik memiliki ketinggian 20 meter dengan jenis batuan andesit.

Gunung Kacapi

Gunung Kacapi merupakan sebuah gunung kecil yang berada di sebelah utara kota Sumedang. Tepatnya berlokasi di wilayah Desa Kebon Jati Kecamatan Sumedang Utara. Gunung ini termasuk gunung kecil dan tidak terlalu tinggi, sehingga lebih mirip sebagai bukit. Ketinggiannya sekitar 678 meter di atas permukaan laut.

Gunung Kacapi memiliki tebih yang curam di sebelah timurnya. Tebing dengan ketinggian sekitar 50 meter ini tersusun dari bebatuan andesit yang memiliki variasi tebing vertikal juga memiliki overhang dan karakteristik slap. Sudah cukup banyak jalur yang biasa dilalui ti tebing ini dengan banyaknya hanger sehingga bisa dijadikan jalur untuk olah raga panjat tebing. Hanger ini ditancapkan menggunakan bor sehingga tambatannya kuat untuk digunakan panjat tebing yang nyaris berdiri tegak.

Gunung Karang

Gunung Karang merupakan sebuah gunung yang berposisi di bawah Gunung Tampomas sehingga bisa disebut sebagai anak Gunung Tampomas. Tepatnya di sebelah tenggara lereng Gunung Tampomas dan menjadi bagian dari Gunung Tampomas. Gunung Karang ini juga ada yang menyebutnya dengan sebutan Pasir Bilik dan termasuk wilayah Desa Cibeureum Wetan Kecamatan Cimalaka.

0 Komentar