Waspadai Jalur Bertebing Saat Musim Hujan

Badan Penanggulangan Bencana Daerah
Badan Penanggulangan Bencana Daerah
0 Komentar

KOTA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang, meminta warga untuk mewaspadai jalur bertebing. Mengingat, intensitas curah hujan yang masih tinggi, berbagai potensi bencana alam (longsor atau banjir) bisa datang kapan saja.

Oleh sebab itu, Kepala BPBD Kabupaten Sumedang, Atang Sutarno menegaskan, setiap pengendara yang melintas di jalur bertebing dituntut untuk selalu waspada. Dikhawatirkan, longsor datang saat kendaraan melintas di jalur tersebut.

“Kalau melintas di jalur bertebing, saya imbau kepada warga untuk selalu waspada. Ditakutkan akan terjadi longsor yang tidak terprediksi dari awal,” kata dia.

Baca Juga:Personel Polsek Cimanggung Laksanakan Dumas KelilingPasca Longsor Cimanggung, Cisurupan Ditanami Ratusan Pohon Keras

Dalam hal ini, pihaknya menyarankan saat hujan deras, para pengendara sebaiknya menghindari perlintasan yang rawan longsor atau bertebing. Jika jalur tersebut tidak bisa dihindari, pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyarankan untuk berhenti sejenak, sebelum masuk ke jalur bertebing hingga hujan reda.

“Kalau kita ingin masuk kawasan rawan longsor, sementara kondisinya hujan, maka sebaiknya perjalanan ditunda dulu dan beristirahat di jalur yang aman,” kata dia.

Selain itu, melintas di kawasan perhutanan atau akses jalan yang masih terdapat banyak pohon besar, juga sangat perlu diwaspadai. Dikarenakan, pohon yang tumbang kerap kali terjadi dan mengganggu lalu lintas.

“Kalau kita melintas di jalur yang banyak pohon besar, maka kita harus benar-benar memastikan kondisi cuacanya aman,” katanya. (eri)

0 Komentar