Alasan Seseorang Takut Konsultasi Ke Psikolog, Tak Perlu Takut Ke Psikolog Bukan Berarti Gila!

Alasan Seseorang Takut Konsultasi Ke Psikolog, Tak Perlu Takut Ke Psikolog Bukan Berarti Gila!
(Ilustrai/Pinterest.com)
0 Komentar

sumedangekspres – Alasan Seseorang Takut Konsultasi Ke Psikolog, Tak Perlu Takut Ke Psikolog Bukan Berarti Gila!

Kesehatan mental adalah keadaan dimana individu terbebas dari segala gejala gangguan jiwa. Kesehatan mental adalah masalah penting yang harus diperlakukan seperti kesehatan fisik dan perlu keterbukaan masyarakat untuk penanganan yang cepat.

Sebuah studi di Indonesia, berdasarkan data Riskesdas tahun 2007, menemukan bahwa gangguan mental-emosional seperti gangguan kecemasan dan depresi terjadi pada 11,6 persen populasi orang dewasa.

Baca Juga:Resep Mandu Isi Daging Enak dan Lezat, Mudah Dibuat Cocok Untuk Camilan Atau Ide Makan Siang!Nonton Jinny’s Kitchen (2023) Sub Indo Episode 2 Variety Show Drama Korea Terbaru V BTS, Park Seo Jun, Choi Woosik

Artinya, dari sekitar 150.000.000 penduduk dewasa Indonesia, 1.740.000 orang saat ini menderita gangguan mental-emosional.

Di negara maju, tidak seperti Indonesia, banyak pilihan untuk pencegahan dan pengobatan, terutama di beberapa tempat di mana masalah kesehatan jiwa jauh dari memadai dan cukup primitif.

Kurangnya pengetahuan tentang gangguan kesehatan mental membuat masyarakat masih percaya bahwa masalah ini tidak dapat diselesaikan, sehingga mereka tidak melakukannya.

Orang dengan gangguan mental dapat dirawat di luar sel isolasi atau isolasi, yang terkadang merupakan cara yang tidak manusiawi seperti dikurung atau dirantai.

Kesehatan mental dan gangguan jiwa membuat orang memilih diam dan melakukan hal yang sangat sederhana sebagai bentuk pengobatan.

Orang dengan kesehatan mental biasanya lebih memilih diam daripada di anggap gila dan diperlakukan tidak manusiawi.

Dan dapat dikataan keterbukaan masyarakat terhadap kesahatan mental masih sangat jauh dan dianggap ringan apalgi di lingkungan yang memiliki ekonomi rendah.

Alasan Seseorang Takut Konsultasi Ke Psikolog

Prasangka dan stigma

Baca Juga:Resep Gimbab Korea Cocok Untuk Makanan Sehat, Piknik, Makan Sehari-Hari Enak dan Praktis!Game Penghasil Uang Saldo DANA dan OVO Teraman, Terupdate dan Tercepat Langsung Membayar!

Orang tidak mau pergi ke psikolog karena masyarakat memiliki prasangka dan stigma terhadap orang yang pergi ke psikiater, mereka masih menganggap tabu membicarakan masalah kejiwaan.

Alasan pertama dan paling umum orang tidak mencari bantuan untuk masalah kesehatan mental adalah karena mereka malu memiliki penyakit mental. Hal ini paling sering terjadi karena ada banyak stigma dan diskriminasi yang terkait dengan gangguan tersebut.

Takut pemeriksaan fisik

Setelah pasien diizinkan untuk menceritakan kisahnya, pasien diberi pertanyaan yang, jika ditanyakan, lengkapi riwayat kesehatan pasien sehingga psikolog dapat membimbingnya ke diagnosis tertentu. Informasi ini sangat penting dan dapat diperoleh langsung dari pasien atau keluarganya.

0 Komentar