Kenali Khasiat Gula Aren Khas Jatinunggal Sumedang Yang Baik Untuk Kesehatan

Kenali Khasiat Gula Aren Khas Jatinunggal Sumedang Yang Baik Untuk Kesehatan
Kenali Khasiat Gula Aren Khas Jatinunggal Sumedang Yang Baik Untuk Kesehatan (Istimewa/ruparupa.com)
0 Komentar

sumedangekspres Gula aren, atau gula merah, atau gula kawung adalah pemanis yang dibuat dari nira yang berasal dari tandan bunga jantan pohon enak. Gula aren biasanya juga diasosiasikan dengan segala jenis gula yang dibuat dari nira, yaitu cairan yang dikeluarkan dari bunga pohon dari keluarga palma, seperti kelapa, aren, dan siwalan. Khasiat Gula Aren juga banyak sekali untuk kesehatan.

Selain itu, Gula Aren menjadi salah satu hasil olahan khas Sumedang yang di garap oleh para pengrajin Gula di Jatinunggal.

Gula aren versi bubuk sering pula disebut sebagai gula semut atau gula kristal. Dinamakan gula semut karena bentuk gula ini mirip rumah semut yang bersarang di tanah.

Baca Juga:Polisi Tetapkan Tersangka AG Pada Kasus Penganiayaan DavidBocah SD di Banyuwangi Tewas Gantung Diri Gara-gara Sering Disebut Anak Yatim

Selain enak dan banyak digunakan pada berbagai bahan makanan, gula aren juga memiliki banyak khasiatnya lho! Yuk, simak khasiat gula aren khas Jatinunggal Sumedang.

Khasiat Gula Aren untuk Kesehatan

Gula aren merupakan sumber vitamin dan mineral yang lebih baik daripada pemanis yang sebanding. Selain itu jenis gula ini juga memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan pemanis lainnya. Meskipun masih perlu diteliti lebih lanjut, beberapa penelitian menunjukkan bahwa gula aren adalah pemanis alternatif yang baik bagi pengidap diabetes.

Berikut khasiat gula aren lainnya untuk kesehatan:

1. Menjaga kadar gula darah
Gula aren mengandung lebih sedikit glukosa dan indeks glikemik yang lebih rendah daripada gula meja atau madu. Itulah mengapa gula ini bisa membantu menstabilkan kadar gula darah lebih baik daripada pemanis lainnya. Jadi, mengonsumsi gula aren tidak akan membuat tingkat energi meningkat drastis dan cepat habis.

2. Mendukung kesehatan pencernaan
Gula aren juga mengandung serat makanan yang disebut inulin. Studi menunjukkan bahwa serat nabati ini bisa membantu mengendalikan bakteri di usus, meningkatkan kesehatan pencernaan, dan meningkatkan penyerapan mineral dalam tubuh.

3. Membantu mengembalikan energi tubuh
Senyawa karbohidrat yang terdapat dalam gula aren bisa dicerna lebih cepat oleh tubuh dibandingkan gula putih. Itulah mencampurkan beberapa sendok teh gula aren untuk mempermanis minuman bisa memberimu dorongan energi yang sangat dibutuhkan di awal hari.

0 Komentar