Kisah Legenda Timun Mas

Kisah Legenda Timun Mas
Kisah Legenda Timun Mas
0 Komentar

sumedangekspres – Kisah Legenda Timun Mas yang berasal dari Jawa Tengah. Legenda ini menceritakan mengenai perjanjian antara sepasang petani dengan raksasa berwarna hijau yang biasa disebut dengan Buto Ijo.

Kala itu, sepasang petani telah bertahun-tahun menikah dan tidak dikarunia seorang anak. Sepasang petani tersebut telah berdoa kepada Tuhan secara terus-menerus supaya diberi momongan.

Pada suatu hari, doa mereka didengar oleh Buto Ijo dan memberikan mereka penawaran untuk memperoleh anak. Caranya dengan memberikan sebuah biji buah timun untuk ditanam, tetapi dengan syarat bahwa anak tersebut akan diambil kembali oleh Buto Ijo pada usia 17 tahun. Akhirnya, penawaran tersebut disetujui oleh sepasang petani.

Baca Juga:Kisah Legenda Malin KundangKisah Sasakala Gunung Geulis

Tak lama kemudian, biji tersebut ditanam hingga berbuah menjadi buah timun yang besar dan ketika dibelah terdapat seorang bayi perempuan, yang kemudian diberi nama Timun Mas.

Bertahun-tahun mereka bertiga hidup bertiga sampai tidak sadar bahwa Timun Mas telah berumur 17 tahun. Istri petani atau Ibu dari Timun Mas tidak rela jika harus berpisah dengan anaknya.

Akhirnya, tibalah waktunya Buto Ijo datang untuk menagih janji kepada sepasang petani tersebut. Sayangnya, mereka melanggar janji dengan menyuruh Timun Mas untuk lari menyelamatkan diri. Sebelum Timun Mas lari, dirinya dibekali 3 benda ajaib, yakni jarum, garam, dan terasi.

Selama kejar-kejaran tersebut, tiga benda ajaib ternyata benar-benar menyelamatkan Timun Mas dari Buto Ijo. Terasi adalah penyelamat Timun Mas karena ketika dirinya melemparkan ke arah Buto Ijo, tiba-tiba saja terasi tersebut berubah menjadi lumpur. Akhirnya, Buto Ijo tenggelam ke dalam lumpur tersebut.

Itulah Kisah Legenda Timun Mas yang beredar di masyarakat.

0 Komentar