Kisah Legenda Malin Kundang

Kisah Legenda Malin Kundang
Kisah Legenda Malin Kundang
0 Komentar

sumedangekspres – Kisah Legenda Malin Kundang anak-anak indonesia pasti tahu akan legenda yang berasal dari Padang, Sumatera Barat ini. Yap, legenda ini menceritakan mengenai seorang anak bernama Malin yang dikutuk menjadi batu akibat durhaka kepada Ibunya.

Berawal dari keinginan Malin untuk merantau ke daerah lain demi kehidupan yang lebih baik. Keinginan tersebut awalnya ditentang oleh Ibunya karena tidak rela berpisah dengan anak semata wayangnya tersebut. Namun, pada akhirnya, sang Ibu pun mengizinkan Malin untuk merantau dan berpesan untuk selalu ingat akan Ibunya di desa.

Berangkatlah Malin untuk merantau menggunakan sebuah kapal. Setelah beberapa tahun kemudian, Malin datang kembali ke desanya dan telah menjadi seorang yang kaya. Ditemani istri yang cantik dan beberapa kapal dagang miliknya.

Baca Juga:Kisah Sasakala Gunung GeulisKisah Sunda Si Kabayan

Mendengar kabar bahwa Malin telah datang kembali, tentu saja membuat sang Ibu bahagia dan langsung menghampiri serta memeluk Malin.

Sang istri terkejut karena tiba-tiba ada wanita tua yang lusuh memeluk suaminya dan mengaku bahwa dirinya adalah Ibunda dari Malin.

Sayangnya, Malin tidak mau mengakui sang Ibu dan malah mendorongnya hingga jatuh. Malin membentak dan memarahi sang Ibu dengan perkataan yang menyakiti hati sang Ibu. Akibat bentakan dari Malin tersebut, tentu saja sang Ibu merasa sedih dan marah.

Beliau tidak menyangka bahwa Malin, anak semata wayangnya, berubah menjadi anak durhaka. Kemudian, sang Ibu memohon kepada Tuhan untuk memberikan azab kepada Malin dengan mengubahnya menjadi batu.

Tiba-tiba, angin dan petir bergemuruh hingga menghancurkan kapal Malin. Tak lama kemudian, tubuh Malin Kundang tersambar petir dan menjadi batu.

Itulah Kisah Legenda Malin Kundang yang beredar di masyarakat.

 

0 Komentar