Kisah Sasakala Gunung Geulis

Kisah Sasakala Gunung Geulis
Kisah Sasakala Gunung Geulis
0 Komentar

sumedangekspres – Kisah Sasakala Gunung Geulis dikisahkan pada zaman dahulu, hiduplah sepasang suami istri yang sudah lama menikah namun tak kunjung dikaruniai anak. Siang dan malam, sang suami tak kunjung berhenti memohon kepada Tuhan. Sampai akhirnya, suatu malam ia mendapat petunjuk melalui mimpinya.

Ia harus pergi ke sebuah gunung di sebelah timur desanya dan bertapa di lereng gunung tersebut. Maka saat pagi harinya, ia menceritakan mimpi itu kepada istrinya. Mendengar mimpi tersebut, sang istri meminta sang suami untuk mengikuti petunjuk tersebut.

Kemudian berangkatlah sang suami mencari gunung yang akan dijadikan sebagai tempat untuk bertapa. Setelah menemukan gunung yang dimaksud, ia mulai bertapa selama 40 hari 40 malam.

Baca Juga:Kisah Sunda Si KabayanKisah Sunda Talaga Warna

Pada malam terakhir, ia didatangi oleh seorang putri yang sangat cantik. Putri tersebut tak lain merupakan makhluk gaib penghuni gunung tersebut.

Melihat kecantikan sang putri, si suami langsung lupa dengan niatnya semula. Akhirnya ia menikah dengan putri tersebut. Sebenarnya putri tersebut merupakan jelmaan dari seekor ular besar.

Setelah berbulan-bulan menunggu sang suami tak kunjung pulang, sang istri kemudian menjadi dimana keberadaan suaminya. Sampai akhirnya ia menemukan suaminya sedang dililit oleh seekor ulang besar.

Ia terkejut dan takut akan keselamatan suaminya. Namun karena rasa sayangnya kepada sang suami begitu besar, ia membulatkan keberaniannya.

Sang istri mencari cara untuk menyelamatkan suaminya dari jeratan ulat tersebut. Ia lalu menjerat ular tersebut. Setelah berhasil dijerat, sang istri mencari kuda dan menyeret ular tersebut dan di bawanya turun dari lereng gunung.

Sesampainya di suatu tempat, kuda tersebut kemudian diikat pada sebatang pohon.

Sang suami yang diam-diam mengikuti, melihat rencana sang istri yang hendak membunuh ular tersebut. Ia segera menghalangi perbuatan istrinya. Karena rupanya apa yang dilihat oleh suaminya bukanlah seekor ular besar, melainkan seorang putri yang cantik jelita.

Baca Juga:Kisah Sunda Lutung KasarungKisah Asal Usul Situ Bagendit

Sang istri lantas merasa kesal melihat tindakan suaminya yang berusaha menghalanginya membunuh ular. Ia lantas membunuh ular dan suaminya.

0 Komentar