MANFAAT POHON KELAPA YANG SERBAGUNA BAGI KEHIDUPAN MANUSIA

0 Komentar

sumedangekspres- Pohon kelapa dijuluki sebagai tumbuhan paling serbaguna di dunia.
Dream – Pohon kelapa merupakan salah satu jenis tumbuhan paling serbaguna. Hampir setiap bagian dari pohon tersebut memiliki manfaat bagi kehidupan manusia. Mulai dari akar, buah, daun, sampai buahnya bisa dimanfaatkan.

Termasuk jenis palem, nama ilmiah pohon kelapa adalah Cocos nucifera. Kebanyakan memiliki ukuran batang sangan panjang, pohon kelapa sangat identik dengan pantai yang menjadi habitat utamanya. Di Indonesia banyak ditemukan pohon kelapa, baik di pesisir pantai, di dataran tinggi, hingga dataran rendah sekalipun.

Dan ada beberapa manfaat pohon kelapa yang berguna bagi kehidupan manusia yaitu

Baca Juga:Jenis Sayur lalapan khas Indonesia yang banyak manfaatnya

1. Manfaat Batang Pohon Kelapa
Batang pohon kelapa bisa dimanfaatkan untuk membuat perabot rumah tangga, komponen bangunan rumah, dan balok lantai.
2. Manfaat Daun Kelapa
Ketupat menjadi hidangan utama saat perayaan Idul Fitri dan Idul Adha. Sudah menjadi tradisi sejak lama, bahwa daun kelapa yang masih muda digunakan untuk membuat bahan ketupat.
Daun kelapa juga dimanfaatkan untuk atap rumah. Sebelumnya, daun kelapa yang setengah kering dianyam untuk akhirnya dijadikan sebagai atap.
Janur kuning yang kerap digunakan dalam tradisi atau lambang pesta pernikahan ternyata terbuat dari daun kelapa yang masih muda.
3.Manfaat Daging Buah Kelapa
Daging buah kelapa yang berwarna putih ini menjadi favorit bagi kebanyakan orang.
Isi buah kelapa memang digunakan untuk campuran es buah dan beberapa jenis minuman lainnya.
4. Manfaat Air Kelapa
Masih dengan sumber yang sama dengan sebelumnya, air kelapa juga bermanfaat bagi manusia.dari air kelapa tidak hanya untuk diminum dan melepaskan dahaga, tapi juga baik untuk ibu hamil, penderita diabetes, daya tahan tubuh, dan masih banyak lagi.
5. Manfaat Minyak Kelapa
minyak pohon kelapa pun ternyata memiliki beragam manfaat, yaitu:
Minyak kelapa kaya akan vitamin dan mineral yang diperlukan untuk pertumbuhan kuku dan menggunakan manfaat minyak kelapa untuk menghilangkan kutu rambut. Caranya, awali dengan mencuci rambut dengan air yang diberi campuran cuka apel. Biarkan kering secara alami.

0 Komentar