Jenis Sayur lalapan khas Indonesia yang banyak manfaatnya

Jenis Sayur lalapan khas Indonesia yang banyak manfaatnya
Jenis Sayur lalapan khas Indonesia yang banyak manfaatnya
0 Komentar

sumedangekspres – Jenis Sayur lalapan khas Indonesia apa dan sambal merupakan makanan yang dapat menggugah selera makan, selain enak lalapan juga banyak manfaat nya, adapun jenis lalapan yang seperti ketimun,kemangi,pohpohan,terong hijau leunca

Sayur lalapan adalah makanan khas Sunda yang biasa disajikan sebagai pelengkap menu utama.
Lalapan terdiri dari berbagai jenis sayur
Adapun bisa dimakan mentah atau di rebus juga bisa serta di hidangkan dengan sambal.Selain penambah nafsu makan ternyata lalapan banyak juga manfaatnya Bagi kesehatan.

Nah ini dia jenis lalapan khas Sunda dan juga manfaatnya.

1. KEMANGI
Daun kemangi, disebut juga daun basil (Ocimum basilicum) merupakan sayur lalapan yang memiliki kandungan kalsium dan vitamin K, serta memberikan efek antioksidan. Kemangi juga merupakan salah satu lalapan sayur mentah, yang tidak perlu dimasak.

Baca Juga:Rekomendasi Lagu Video Tiktok Quote Sad, Video Tiktok ViralCara Top Up Chip Higgs Domino Murah via Pulsa 3000, Bisa Semua Operator

Efek antioksidan berasal dari kandungan senyawa fenolik dan polifenol, seperti flavonoid dan antosianin. Ini menjadikan kemangi sebagai salah satu jenis daun lalapan yang bisa berguna untuk menangkal radikal bebas.

Tak hanya menangkal radikal bebas, antioksidan juga diketahui dapat menjaga kesehatan tubuh, termasuk menjaga kesehatan hati, menurunkan tekanan darah tinggi, menjaga kesehatan sistem kardiovaskuler (jantung dan pembuluh darah), memperbaiki kesehatan mental, hingga mencegah penuaan dini.

2.POHPOHAN
Pohpohan merupakan jenis daun lalapan yang sudah lama dikenal memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan.

Manfaat pohpohan antara lain mengandung flavonoid, alkaloid, steroid, serta memiliki sifat antioksidan, antimikroba, dan antiinflamasi yang baik untuk tubuh dan mencegah berbagai masalah kesehatan.

3. DAUN SINTRONG
Daun sintrong merupakan bagian dari tanaman sintrong (Crassocephalum crepidiodes) yang sering dimanfaatkan sebagai sajian, urap, pecel dan lain-lain. Biasanya, daun sintrong sering disajikan sebagai lalapan atau pendamping makanan. Sebagai lalapan, daun ini memiliki rasa yang unik dan bisa menambah kenikmatan makanan utama yang disajikan.
Tidak hanya memiliki cita rasa yang unik dan segar, daun sintrong juga memiliki kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Secara tradisional, sintrong dipercaya bisa mengobati berbagai macam penyakit, seperti gangguan pencernaan, sakit kepala, sakit perut, mengobati luka, antelmentik, antiinflamasi, antidiabetes, dan antimalaria.

0 Komentar