Wisata Edukasi Sumedang, Untuk Mengenal Sejarah Sumedang!

Wisata edukasi Sumedang, untuk mengenal sejarah Sumedang
Wisata edukasi Sumedang, untuk mengenal sejarah Sumedang(ig@prabu_geusan_ulun_museum)
0 Komentar

sumedangekspres– Wisata edukasi Sumedang, untuk mengenal sejarah Sumedang, Museum Prabu Geusan Ulun ini merupakan salah satu kediaman Bupati dan para kerabatnya. Namun seiring waktu, tempat ini diubah menjadi objek wisata edukatif yang berupa museum. Jika Anda ingin mendapatkan rekreasi edukatif, Museum Prabu Geusan Ulun bisa menjadi salah satu pilihan ketika Anda berkunjung ke kabupaten Sumedang.

Wisata edukasi Sumedang, untuk mengenal sejarah Sumedang, bukan pemandangan alam yang bisa kamu dapatkan, tetapi berbagai koleksi benda sejarah yang ditemukan di Sumedang.

Museum Prabu Geusan Ulun, merupakan salah satu tempat wisata sejarah di Sumedang yang akan mengenalkanmu akan sepenggal kisah dari Sumedang tempo dulu, yang sangat kental akan adat dan budayanya.

Baca Juga:Rekomendasi Keeksotisan Wisata Sumedang, dijamin betah!Kunci Jawaban Lengkap PKN Hal 120 SMP!

Lokasinya yang berada di pusat kota dan dekat dengan Alun-Alun Sumedang, membuat Museum Sumedang ini sangat mudah untuk dituju.

Tidak ada salahnya kita mengajak anak-anak untuk mengunjungi Museum Prabu Geusan Ulun ini, sebagai cara untuk mengenalkan sejarah Sumedang kepada mereka.

Sehingga timbul dalam diri mereka rasa cinta akan daerahnya sendiri, karena jika bukan mereka yang melestarikan siapa lagi??

Berikut gambaran mengenai Museum Prabu Geusan Ulun, sebagai bahan referensi wisata sejarah di Sumedang untuk dikunjungi bersama keluarga tercinta.

Geusan Ulun
Museum Prabu Geusan Ulun berdiri pada tanggal 1 Maret 1974, tujuan awalnya ialah untuk menunjukkan sejarah di masa lalu bahwa Sumedang memiliki kerajaan yang besar dan jaya yakni Kerajaan Sumedang Larang.

Dan berfungsi sebagai tempat menyimpan benda-benda pusaka peninggalan Kerajaan Sumedang Larang ataupun Kerajaan Pajajaran hingga zaman Kebupatian.

Museum ini awalnya bernama Museum Sumedang, kemudian berganti nama menjadi Museum Prabu Geusan Ulun hingga saat ini. Dan menjadi situs bersejarah yang ada di Sumedang.

Baca Juga:Kunci Jawaban Lengkap Bahasa Indonesia Kelas 9 Hal 120-121!Kunci Jawaban Mata Pelajaran Seni Budaya kelas 9 Hal 155!

Sepenggal Kisah Tentang Prabu Geusan Ulun
Prabu Geusan Ulun bernama Pangeran Angkawijaya, putra dari Pangeran Kusumahdinata I. Dan menjadi Bupati pertama Sumedang pada waktu itu, dimana beliau memerintah dari tahun 1578 hingga 1601.

Prabu Geusan Ulun menerima Mahkota Binokasih yang merupakan mahkota dari Raja Kerajaan Pajajaran beserta perhiasan dan atribut kebesaran lainnya. Yang kala itu Kerajaan Pajajaran sudah hancur akibat serangan Kesultanan Banten.

0 Komentar