10 Masakan Sunda yang Wajib Kamu Coba!

10 Masakan Sunda yang Wajib Kamu Coba!
10 Masakan Sunda yang Wajib Kamu Coba!
0 Komentar

4. Sayur Asem

Sayur asem ini adalah makanan khas Sunda yang selalu berada dalam daftar menu masakan Sunda. Sayur asem sendiri terdiri dari labu siam, jagung, kacang panjang, nangka muda, melinjo dan kacang tanah.

Sayur asem juga dicampurkan dengan asam jawa yang memberikan cita rasa asam pada kuahnya.Sayur asem ini juga memiliki varian dari wilayah lain, yaitu sayur asem Betawi.

Cita rasa sayur asem sendiri terasa sangat menyegarkan dan bergizi ini cocok bila disajikan dengan lauk ikan asin goreng dan sambal.

5. Pais Ikan 

Baca Juga:Hobi Selfie? Istilah Orang Narsis, Kamu Termasuk?Rekomendasi Resep Masakan Untuk Makan Siang Mewah Dengan Harga Terjangkau. Ide Jualan Makanan

Pais ikan atau biasa dikenal dengan nama pepes ikan ini terbuat dari bumbu-bumbu rempah yang dihaluskan lalu dibalut bersama ikan yang sudah dibersihkan serta diberikan tambahan daun kemangi, tomat dan cabai.

Menu masakan Sunda ini menjadi cocok untuk sajian makan keluarga, pembuatan makanan ini juga mudah untuk dicoba.

Dalam makanan khas Sunda, terdapat berbagai macam jenis pepes, seperti ayam, jamur, teri, telur asin, dan tahu. Pepes ini biasanya disajikan bersama dengan nasi hangat dan sayur asem.

Faktanya, sebagian besar orang mengira pepes adalah sebutan nama makanan. Karena memang sudah sering disebut begitu membuat banyak orang salah paham dari nama masakan tersebut.

Padahal, kenyataannya pais atau pepes merupakan teknik memasak yang dilakukan dengan cara sajian makanan yang telah dibungkus dengan menggunakan daun pisang itu selanjutnya dikukus atau dibakar hingga matang.

6. Empal Gentong

Sedikit bergeser ke daerah Cirebon, di Jawa Barat kamu bisa menemukan khas Sunda yang enak pula di sini.

Makanan khas Sunda yang berasal dari Cirebon ini mempunyai kemiripan dengan gulai, makanan ini diolah dengan menggunakan kayu bayar di dalam gentong.

Baca Juga:Korban Kebakaran Depo Plumpang Diberi Rp 10 Juta Supaya Tidak Gugat PertaminaResep Membuat Kimchi Khas Korea, Enak Disantap Dengan Nasi!

Dalam olahannya, makanan ini disajikan dengan pencampuran usus, babat dan daging sapi sehingga cita rasa gurih lebih terasa nikmat.

Empal gentong sendiri disajikan dengan lontong atau nasi dan sebagai pelengkap bisa ditambahkan dengan kucai dan cabai kering.

0 Komentar