10 Masakan Sunda yang Wajib Kamu Coba!

10 Masakan Sunda yang Wajib Kamu Coba!
10 Masakan Sunda yang Wajib Kamu Coba!
0 Komentar

Rasa dari empal gentong memiliki rasa yang kuat karena bumbu empal gentong melekat dan spesial.

7. Empal Gepuk Daging Sapi

Ada empal gentong dan empal gepuk, walaupun hampir memiliki kesamaan nama tapi makanan ini disajikan secara berbeda.

Empal gepuk daging sapi ini termasuk makanan wajib di warung makan khas Sunda dan populer di daerah Jawa Barat.

Baca Juga:Hobi Selfie? Istilah Orang Narsis, Kamu Termasuk?Rekomendasi Resep Masakan Untuk Makan Siang Mewah Dengan Harga Terjangkau. Ide Jualan Makanan

Sesuai dengan penamaan masakan Sunda ini, masakan ini diolah dengan dipukul alias digepuk hingga gepeng dan dimasak dengan bumbu yang bercita rasa manis.

Masakan khas Sunda ini memiliki tekstur empuk karena proses pengungkepan daging empal yang telah dibumbui dan digoreng sehingga terasa renyah dibagian luarnya.

8. Mi Kocok

Makanan khas asal kota Kembang alias Bandung ini termasuk dalam makanan Sunda Bandung. Mi kocok menggunakan bahan dasar mi kuning yang disajikan dengan kuah kaldu sapi.

Pada umumnya, mi kocok disajikan pula bersama dengan bakso, kikil dan toge rebus serta ditambahkan dengan taburan bawang goreng, jeruk nipis dan seledri.

Penamaan makanan ini berasal dari teknik memasaknya dengan mengocok-ngocok mi dalam wadah khusus sambil dicelupkan ke dalam air panas.

Bahas mi kuning yang digunakan memiliki ukuran pipih dan bertekstur lembut sehingga menambah kelezatan mi kocok itu sendiri. membayakannya saja sudah sangat berselera.

9. Soto Bandung

Selain Mi Kocok, Bandung memiliki masakan khas Sunda lainnya, yaitu Soto Bandung, yang menjadi makanan favorit di Indonesia ini.

Baca Juga:Korban Kebakaran Depo Plumpang Diberi Rp 10 Juta Supaya Tidak Gugat PertaminaResep Membuat Kimchi Khas Korea, Enak Disantap Dengan Nasi!

Masakan ini memiliki tampilan yang hampir sama dengan menu soto di daerah lain, hanya saja perbedaannya terdapat pada pemakaian bahan yang digunakan.

Bahan utama yang digunakan dalam masakan khas Sunda ini berupa tetelan daging sapi. Pengolahan makanan ini menggunakan bumbu dapur yang terdiri dari jahe, lengkuas, serai, gula, garam dan bawang merah-putih.

Soto Bandung biasanya disajikan pada mangkuk yang sudah diberi tambahan bahan pelengkap, seperti irisan lobak yang telah direbus, daun seledri, daun bawang, bawag goreng dan kacang kedelai goreng.

0 Komentar