10 Syarat Masuk Jurusan Hukum, Wajib Tahu!

10 Syarat Masuk Jurusan Hukum, Wajib Tahu!
10 Syarat Masuk Jurusan Hukum, Wajib Tahu! (istimewa/bandung24jam-republika)
0 Komentar

sumedangekspres – 10 Syarat Masuk Jurusan Hukum, Wajib Tahu! Syarat masuk jurusan hukum adalah hal-hal yang perlu kamu penuhi. Karena dengan memenuhi persyaratan tersebut bisa membantu kamu apakah kamu cocok atau tidak dengan jurusan hukum tersebut.

Tak hanya itu, syarat masuk fakultas hukum pun terbilang mudah. Terlebih, saat ini banyak tersedia program beasiswa baik dari pemerintah maupun pihak swasta yang akan meringankan beban biaya kuliah bagi mereka yang kurang mampu.

Nah, bila kalian tertarik untuk masuk fakultas hukum, maka silakan simak tips-tips penting yang akan kami ulas dalam artikel berikut ini.

Baca Juga:Hukum UNPAD Jurusan Soshum Paling Bergengsi, Keunggulan Hukum UNPADMau Masuk UNPAD? Kenali Sejarah Universitas Padjadjaran

Syarat Masuk Fakultas Hukum yang Wajib Diketahui
Ada beberapa syarat masuk fakultas hukum yang setidaknya harus dimiliki oleh para calon mahasiswa fakultas hukum. Berikut di antaranya:

1. Melengkapi Persyaratan Administrasi
Persyaratan administrasi adalah persyaratan yang meliputi berkas-berkas data pribadi yang dibutuhkan oleh pihak fakultas untuk mengecek identitas pada calon mahasiswa. Di antaranya ialah:

Ijazah terakhir / SKL (Surat Keterangan Lulus) berupa scan dokumen asli
Foto kopi nilai raport semester 1 – 5 yang terlegalisir secara resmi
Pas foto 3 x 4 sebanyak 2 lembar dengan background merah
Foto kopi kartu keluarga (KK)
Kwitansi atau bukti biaya transfer pembayaran

2. Memenuhi Persyaratan Maksimum Usia
Untuk dapat masuk S1 fakultas hukum maka para calon mahasiswa harus memenuhi persyaratan maksimum usia yang ditentukan oleh masing-masing pihak fakultas.

Misalnya bagi yang masuk melalui jalur SBMPTN harus maksimum 3 tahun setelah lulus SMA sederajat. Untuk jalur mandiri umumnya maksimum 5 tahun. Dan untuk perguruan tinggi negeri swasta umumnya tidak ada batasan usia.

3. Lolos Seleksi Masuk Perguruan Tinggi
Salah satu syarat masuk fakultas hukum yang paling utama ialah harus lolos seleksi masuk. Jalur masuk yang bisa kalian pilih meliputi:

SNMPTN: seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri yang memungkinkan para calon mahasiswa untuk bisa diterima di fakultas hukum tanpa harus ikut ujian tertulis.
SBMPTN: seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri yang mengharuskan para pesertanya untuk mengikuti tes UTBK (Ujian Tertulis Berbasis Komputer) terlebih dahulu.

0 Komentar