10 Syarat Masuk Jurusan Hukum, Wajib Tahu!

10 Syarat Masuk Jurusan Hukum, Wajib Tahu!
10 Syarat Masuk Jurusan Hukum, Wajib Tahu! (istimewa/bandung24jam-republika)
0 Komentar

Mandiri: sistem seleksi yang ditentukan oleh pihak fakultas. Bisa berupa ujian ataupun hanya dengan mengandalkan prestasi / nilai.

4. Lulusan SMA/SMK/MA sederajat
Apabila kalian ingin masuk S1 hukum, maka wajib berasal dari lulusan SMA sederajat. Tidak ada tolerir sama sekali untuk hal ini. Harus lulusan sekolah formal, lulusan Paket C tidak bisa diterima di jurusan Hukum. Kemungkinan lulusan Paket C diterima di UT atau Kampus Swasta.

Bagi sebagian orang beranggapan bahwa untuk masuk fakultas hukum, maka wajib lulusan SMA IPS. Namun sebenarnya itu tidak benar karena hampir semua jurusan diterima asalkan nilainya bagus dan lolos seleksi masuk.

Baca Juga:Hukum UNPAD Jurusan Soshum Paling Bergengsi, Keunggulan Hukum UNPADMau Masuk UNPAD? Kenali Sejarah Universitas Padjadjaran

5. Membayar Biaya Masuk secara Lunas
Pembayaran biaya masuk ini biasanya disebut sebagai uang pendaftaran yang akan dibutuhkan pihak fakultas untuk menopang biaya para mahasiswa baru sebelum uang bantuan UKT dari pemerintah turun. Biaya tersebut meliputi:

Biaya pendaftaran
Biaya daftar ulang
Biaya UKT semester pertama
Biaya SKS semester pertama
Biaya santunan
Uang pangkal

6. Sehat Jasmani dan Rohani
Baik secara fisik atau mental, kalian harus memenuhi kriteria kesehatan agar tidak dianggap sebagai orang yang berpenyakitan.

Walau tidak dibutuhkan surat keterangan dokter. Namun persyaratan ini merupakan persyaratan tidak tertulis yang wajib kalian miliki.

7. Berkelakuan yang Baik
Berperilaku baik akan mencerminkan apakah kalian pantas menjadi mahasiswa hukum atau tidak. Segala perilaku negatif yang tercatat di polsek (misal tawuran, perkelahian, dll) dan viral di medsos bisa menjadi pengganjal di masa depan kalian. Beberapa contoh berkelakuan baik ialah:

Jujur
Disiplin
Amanah
Tidak memihak
Adil

8. Pandai Berkomunikasi
Apakah mahasiswa hukum wajib pandai berdebat? Tentu tidak, namun kalian wajib pandai dalam berkomunikasi.

Namun hal ini bukan jadi alasan bagi seorang introvert untuk tidak masuk fakultas hukum. Karena, bagaimanapun juga yang dibutuhkan di sini adalah ketanggapan dalam menyampaikan pendapat.

Baca Juga:Pemeliharaan Listrik di Sumedang Sebabkan Padam Listrik Berjam-jam. Simak Alasannya!Rekomendasi Brand Lokal Cushion Dan Powder Untuk Kulit Kering

9. Mampu secara Finansial
Maksudnya, kalian harus punya cukup banyak uang untuk bisa masuk fakultas hukum. Hal ini karena biayanya cukup besar dibandingkan fakultas lain.

0 Komentar