Pemeliharaan Listrik di Sumedang Sebabkan Padam Listrik Berjam-jam. Simak Alasannya!

Pemeliharaan Listrik di Sumedang Sebabkan Padam Listrik Berjam-jam. Simak Alasannya!
Pemeliharaan Listrik di Sumedang Sebabkan Padam Listrik Berjam-jam. Simak Alasannya! (Istimewa/EkonomiBisnis.com)
0 Komentar

sumedangekspres – Pemeliharaan Listrik di Sumedang Sebabkan Padam Listrik Berjam-jam. Simak Alasannya!

Baru-baru ini masyarkat Sumedang diramaikan dengan pemadaman listrik bergilir di setiap titik kota Sumedang. Akibatnya banyak masyarkat yang komplain terkait permasalahn tersebut karena menghambat aktivitas dan pekerjaan beberapa instansi perusahan.

Namun hal tersebut disebabkan bukan karena tanpa alasan, dikarenakan adanya pemeliharaan listrik kota Sumedang oleh petugas PLN.

Apasih yang dimaksud dengan pemeliharan listrik? Tujuannya untuk apa?

Pengertian Pemeliharaan Listrik 

Baca Juga:Rekomendasi Brand Lokal Cushion Dan Powder Untuk Kulit KeringCushion Atau Foundation? Simak Perbedaanya!

Perawatan peralatan listrik rumah tangga adalah kegiatan terprogram dengan cara tertentu dan dilakukan secara rutin agar peralatan listrik rumah tangga selalu dalam keadaan siap pakai.

Dalam operasi pembangkit listrik, pemeliharaan keandalan merupakan pemeliharaan pencegahan bagi pembangkit tenaga listrik. Kegiatannya meliputi pengawasan dan perkiraan tentang keperluan pemeliharaan pada pembangkit listrik. Prosesnya menggunakan program yang telah disiapkan sebelumnya.

Tujuan Pemeliharaan Listrik

Tujuannya adalah menjaga keefektifan tiap komponen dalam operasi pembangkit listrik.

Setiap jenis pekerjaan harus memiliki koordinasi. Selain itu, pekerjaan yang timbul harus menghemat biaya tetapi memberi manfaat yang besar.

Pemeliharaan keandalan dimulai dengan memberikan definisi terhadap berbagai macam fungsi di dalam sistem pembangkitan listrik.

Setelahnya, ditentukan kondisi kegagalan operasi yang kritikal dan dominan. Kegiatan dilanjutkan ke penentuan penyebab dari kegagalan operasi. Pemeliharaan keandalan diakhiri dengan kegiatan penentuan tugas-tugas yang paling hemat biaya. Penghematan biaya yang dimaksud adalah pengurangan kerugian akibat pemadaman listrik. Pengadaan kegiatan pemeliharaan keandalan dapat menghemat anggaran untuk pemeliharaan pembangkit listrik hingga 50%.

Kegiatan perawatan dapat dibedakan menjadi dua, yaitu perawatan terencana dan perawatan darurat.

Perawatan terencana didasarkan pada siklus produksi atauperkiraan umur pakai peralatan.

Sedangkan perawatan darurat, dilaksanakan ketika kondisi peralatan mengalami gangguan pada saat peralatan sedang digunakan.

Baca Juga:Rekomendasi dr. Richard Lee Untuk Atasi Flek HitamAtasi Bopeng, Bekas Jerawat Dengan Perawatan Dermashine

Perawatan peralatan ditujukan untuk memperpanjang usia pakai peralatan, menjamin daya guna dan hasil guna. Selain itu juga untuk menjamin kesiapan operasi atau siap pakainya peralatan serta untuk menjamin keselamatan orang yang menggunakan peralatan.

0 Komentar