Kapan 5G Merata di Indonesia?

Kapan 5G Merata di Indonesia?
Kapan 5G Merata di Indonesia? (Pinterest Forbes)
0 Komentar

sumedangekspres – Teknologi 5G ini memiliki internet yang super cepat yang merupakan generasi ke-5 sudah sejak tahun 2021 lalu. Namun kapan 5G merata di Indonesia.

Tidak sedikit yang penesaran mengenai bagaimana kualitas jaringan 5G di Indonesia, meski belum sempurna, tetapi kehadiran teknologi 5G di Indonesia sudah sangat dinantikan.

Perlahan tapi pasti teknologi 5G ini akan memperbaiki sistem digitalisasi di negara tercinta kita Indonesia. Operator terbaik di Indonesia salah satunya yaitu Telkomsel.

Baca Juga:Apa Itu ChatGPT dan OpenAI Serta Manfaatnya dalam Bisnis?Sedang Ramai Dibicarakan Apa itu ChatGPT?

Operator Telkomsel tersebut merupakan operator jaringan yang menjadi pelopor teknologi 5G usai mendapatkan izin peluncuran pada bulan Mei 2021 lalu.

Saat ini Telkompsel sudah hadir pada 5 kota besar yang ada di Indonesia ini, yaitu Jakarta, Surabaya, Batam, Makasar, Denpasar, dan Bandung.

Selanjutnya pada tahun 2022, jaringan telkomsel tentu tidak hanya terbatas pada 5 kota tersebut saja melainkan kini janringan 5G di Indonesia akan diperluas.

Perkembangan 5G Indonesia

Meskipun masih dalam tahap awal, pengembangan jaringan 5G terus mengalami peningkatan yang signifikan.

Kalau kamu tinggal di daerah yang sudah terjangkau 5G, kamu bisa menikmati kecepatan internet yang lebih baik daripada saat menggunakan 4G.

Dalam laporan OpenSignal, kecepatan unduh pengguna 5G rata-rata berada di angka 64,3 Mbps.

Jika kamu bandingkan dengan 4G, kecepatan unduh berada di angka 3.9 kali lipat. Lalu, jika dibandingkan dengan kecepatan unduh 3G, perbandingannya adalah 10,8 kali lebih cepat. Keren, kan?

Baca Juga:Bagaimana Cara Menggunakan ChatGPT di HP dan Laptop?13 Teknologi Terbaru Diperkirakan Akan Ada di Masa Depan, Sebagian Sudah Ada!

Lalu, untuk kecepatan unggah, jaringan 5G bisa mencapai 19,6 Mbps. Sementara itu, kecepatan unggah 4G hanya 7,4 Mbps. Itu berarti kecepatan jaringan 5G 2,6 kali lebih cepat daripada 4G.

Dengan kecepatan internet tersebut, kamu bisa merasakan pengalaman yang lebih bagus lagi dalam menonton video, live streaming, atau bermain game.

Bahkan saat ini emerintah pun sedang berusaha agar semua daerah di Indonesia bisa mengakses jaringan 5G. Tentunya inilah yang dinantikan oleh masyarakat.

0 Komentar