Kisah Nabi Daud As Dalam Islam

Sekilas Cerita Nabi Daud As
Sekilas Cerita Nabi Daud As/pinterest.net
0 Komentar

sumedangekspres – Kisah Nabi Daud As , nabi Daud atau Dawud adalah seorang tokoh dalam Al-Qur’an, Alkitab, dan Tanakh.

Dia dipandang sebagai seorang nabi. Dawud dikenal sebagai sosok yang telah mengalahkan Jalut (Goliat) dan sebagai raja yang saleh.

Agama-agama Abrahamik umumnya memandang Dawud sebagai sosok raja panutan yang ideal.

Baca Juga:Legenda Sunda Penunggu BulanLegenda Siluman Ular Putih

Nama Dawud disebutkan dalam Al-Qur’an (kitab suci Islam) sebanyak enam belas kali[a] dan kisahnya disebutkan dalam Surah Al-Baqarah (2): 251, Al-Anbiya’ (21): 78-80, An-Naml (27): 15-16, Saba’ (34): 10-11, dan Shad (38): 17-26.

Dalam Tanakh (kitab suci Yahudi) dan Alkitab (kitab suci Kristen), Dawud disebutkan dalam Kitab 1 Samuel 16-30, 2 Samuel (Sefer Shmuel), 1 Raja-Raja (M’lakhim) 1-2, dan 1 Tawarikh (Diḇrê Hayyāmîm).

Alkitab menyebutkan bahwa setelah memasuki Palestina di bawah kepemimpinan Yusya’ bin Nun (Yosua bin Nun), Bani Israil (Bangsa Israel) memasuki masa kesukuan. Tiap-tiap suku Bani Israil (Bangsa Israel) mendapat wilayah tertentu di Palestina.

Tidak ada pemerintahan pusat pada masa ini. Saat masa-masa sulit, diangkatlah seorang hakim yang memimpin pengadilan hukum, juga berperan sebagai penguasa atau pemimpin militer.

Masa kesukuan ini berlangsung sampai Thalut (Saul) diangkat sebagai raja. Penobatannya menjadikan Bani Israil memasuki masa kerajaan.

Dawud (Daud) merupakan seorang Bani Israil (Bangsa Israel) dari suku Yehuda. Tanakh dan Alkitab menyebutkan silsilahnya adalah Dawud (Daud) bin Isai bin Obed bin Boas bin Salma (Salmon) bin Nahason bin Aminadab bin Ram bin Hezron bin Peres bin Yehuda bin Ya’qub (Yakub).

Sebuah riwayat hadits menyebutkan bahwa Dawud wafat pada usia seratus tahun. Disebutkan bahwa Allah menampakkan kepada Adam keturunan-keturunannya kelak.

Baca Juga:Kisah Nabi Adam Menurut Beberapa AgamaKisah Legenda Putri Kadita

Saat melihat Dawud, disebutkan bahwa jatah umurnya adalah enam puluh tahun, dan Adam meminta agar umur Dawud ditambah empat puluh tahun dari umurnya sendiri.

Namun saat malaikat maut mendatangi Adam, Adam mengelak dengan alasan usianya masih tersisa empat puluh tahun lagi dan dia lupa pernah memberikannya kepada Dawud.

0 Komentar