Cara Menghilangkan Bekas Luka Bandel Menggunakan Bahan Alami

Cara Menghilangkan Bekas Luka Bandel Menggunakan Bahan Alami
(Ilustrasi bekas luka/Pinterest)
0 Komentar

sumedangekspres – Bekas luka itu sendiri sebenarnya merupakan bagian dari proses penyembuhan luka. Cara menghilangkan bekas luka bandel dengan bahan ini.

Ini karena jaringan kulit baru tumbuh di atas luka. Bekas luka ini bisa diakibatkan oleh jerawat atau luka terbuka yang kemudian menimbulkan trauma pada kulit.

Bekas luka adalah bagian dari proses penyembuhan tubuh. Selanjutnya, tubuh membangun jaringan untuk memperbaiki kulit yang rusak dan mengisi lubang yang ditinggalkan oleh luka.

Baca Juga:Sinopsis The Secret Romantic Guesthouse (2023) Drakor Terbaru Bertabur Bintang MudaResep Udang Goreng Telur Asin Praktis dan Lezat Menu Buka Puasa Hari Ini

Mereka dapat disebabkan oleh kecelakaan, luka bakar, operasi, jerawat dan penyakit. Sebagian besar bekas luka memudar seiring waktu.

Cedera yang membutuhkan waktu lama untuk sembuh dapat disebabkan oleh sirkulasi dan oksigenasi yang buruk.  Jika peredaran darah dan suplai oksigen tidak merata, maka proses penyembuhan luka terganggu.

Dalam situasi di mana ada cedera, kulit bekas luka bisa menjadi lebih gelap. Ini karena hiperpigmentasi pasca-inflamasi.

Pigmen seperti melanin adalah zat yang memberi warna pada kulit. Ketika terlalu banyak zat ini diproduksi, kulit bisa menjadi lebih gelap dari kulit di sekitarnya.

Cara Menghilangkan Bekas Luka Menggunakan Bahan Alami

Bagi Anda yang ingin menggunakan bahan alami untuk menghilangkan bekas luka, berikut beberapa pilihan yang bisa dicoba di rumah menurut alodokter:

1. Lidah Buaya

Lidah Buaya (Lidah Buaya: Latin: Aloe barbadensis Milleer) merupakan spesies tanaman yang telah dikenal selama ribuan tahun dan digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka dan produk perawatan kulit.

Anda hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya pada area bekas luka lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit. Kemudian bilas dengan air jernih.

2. Madu

Baca Juga:Resep Samosa Daging Cocok Untuk Menu Pembuka Buka PuasaEs Pisang Ungu Ide Takjil Untuk Menu Buka Puasa, Berbuka Dengan Yang Manis-Manis!

Madu mengandung efek antibakteri, antiradang, dan antioksidan yang baik untuk proses penyembuhan luka pada kulit. Cukup oleskan madu ke area bekas luka lalu tutupi dengan perban

3. Bawang putih

Bawang putih telah lama dikenal sebagai obat herbal untuk berbagai kondisi kesehatan, termasuk masalah kulit.

Bawang putih dipercaya dapat membersihkan bekas jerawat, tetapi juga dipercaya dapat membantu mengatasi bekas luka psoriasis. Cukup oleskan bawang putih yang dihancurkan ke area bekas luka.

0 Komentar