Cara Menghilangkan Kulit Mengelupas dengan Cepat, Mudah Sekali!

cara menghilangkan kulit mengelupas dengan cepat
cara menghilangkan kulit mengelupas dengan cepat(https://www.alodokter.com)
0 Komentar

sumedangekspres– Cara menghilangkan kulit mengelupas dengan cepat, ternyata kulit memiliki beragam fungsi, kulit melindungi sistem organ dalam tubuh, mengatur suhu tubuh, serta menjadi indera peraba. Akan tetapi, kadang Anda mungkin mendapati jenis kulit bersisik atau mengelupas secara tiba-tiba.

Oleh karena fungsinya sebagai pelindung, kulit harus mampu menyembuhkan diri saat Anda terluka. Proses ini dikenal sebagai regenerasi kulit. Tujuannya untuk mengganti sel-sel kulit yang sudah rusak dengan sel-sel baru yang sehat.

Proses pergantian kulit terus berlangsung secara teratur. Sel-sel kulit yang sudah mati mengelupas, lalu digantikan dengan lapisan kulit yang baru. Namun, terkadang kulit terus memperbarui dirinya bahkan ketika belum waktunya.

Baca Juga:Cara Menghilangkan Flek Hitam dalam 1 Jam dengan Pasta Gigi!Cara Menghilangkan Benjolan di Belakang Telinga Secara Tradisional!

Sel-sel pada permukaan kulit pun menumpuk dan terpapar banyak hal dari lingkungan. Lama-kelamaan, sel-sel pada lapisan kulit teratas bisa mengering, rusak, dan terlepas antara satu sama lain.

1. Kompres air dingin

Pemberian kompres bisa membantu menenangkan kulit yang mengalami peradangan. Langkah ini juga dapat meredakan rasa sakit akibat iritasi, penyakit kulit, atau kondisi kulit yang terlalu kering.

Basahi kain bersih dengan air dingin, lalu peras hingga air tidak lagi banyak menetes. Tempelkan kain pada bagian kulit yang mengelupas dan diamkan selama 5 – 10 menit. Anda bisa mengulangi langkah tersebut sesuai kebutuhan.

2. Lumuri dengan susu dingin atau bubur oatmeal

Susu dapat mendinginkan kulit yang kering dan bersisik. Ini karena asam laktat dalam susu membantu mengangkat sel-sel kulit mati, sedangkan kandungan lemak berperan dalam melembapkan kulit.

Alternatif lain, gunakan bubur oatmeal dingin sebagai lulur, dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu, bilas kulit Anda dengan air dingin hingga bersih. Oatmeal memiliki sifat melembapkan, memperbaiki, dan melindungi kulit berkait zat antiradangnya.

3. Oleskan losion pelembap untuk kulit bersisik

Sering-seringlah memakai losion pelembap bila kulit Anda kering dan rentan terhadap kerusakan. Sebisa mungkin, hindari pelembap berparfum dan pilihlah produk dengan bahan-bahan yang menenangkan kulit, seperti lidah buaya dan vitamin E.

4. Jangan digaruk atau dikelupas

Menggaruk akan memperburuk kondisi kulit dan memicu infeksi. Bila Anda sangat ingin membersihkan kulit yang bersisik, gunakan gunting kecil untuk memangkas kulit yang tidak rapi. Setelah itu, oleskan losion pelembap untuk melindungi kulit Anda.

0 Komentar