Bagaimana Cara Mendapatkan Proyek Kerja Freelancer?

Bagaimana Cara Mendapatkan Proyek Kerja Freelancer?
Bagaimana Cara Mendapatkan Proyek Kerja Freelancer? (Freepik)
0 Komentar

3. Bangun Jaringan Seluas Mungkin

Walau tidak bisa mengandalkan orang lain, setidaknya jangan lupa membangun relasi seluas mungkin. Tidak sedikit freelancer yang mendapatkan kerja pertama mereka dari orang-orang terdekat.

Kamu bisa menawarkan hasil kerjamu ke teman, keluarga, tetangga atau kolega kerja. Jika bukan mereka yang mempekerjakanmu, bisa jadi mereka akan membantumu mendapatkan klien dari mulut ke mulut.

Untuk itu, jalin komunikasi dan silaturahmi yang baik dengan siapapun.

Di sana kamu bisa belajar dari freelancer lain yang mungkin sudah lebih berpengalaman. Tidak menutup kemungkinan relasimu dengan pekerja lepas lainnya akan mendatangkan proyek kerja untukmu.

Baca Juga:Cara Menjadi Content Creator untuk PemulaApa Saja Kesalahan yang Harus Dihindari Freelancer?

5. Mencari Lowongan Kerja Freelance

Jangan khawatir kesulitan mencari kerja ketika menjadi pekerja lepas. Karena kini sudah banyak wadah yang menyediakan lowongan pekerjaan untuk para freelance, salah satunya TopKarir.

Untuk mendapatkan proyek freelance yang diinginkan kamu harus lebih dulu mengunduh aplikasi TopKarir di ponselmu. Setelah itu, isi profil sampai lengkap 100%.

Selanjutnya pilih kolom freelance dan klik “lihat akun”. Isi kolom ‘Tentang Saya’ dengan deskripsi diri semenarik mungkin.

Mulai dari passion, kelebihan, pengalaman hingga keterampilanmu agar perusahaan atau calon klien bisa mengenali dirimu.

Di kolom ‘Keahlian’ pilih beberapa keahlian yang kamu miliki dan kuasai untuk meningkatkan kepercayaan calon klien padamu.

Untuk semakin meyakinkan perusahaan dan calon klien, tambahkan hasil karya atau portofoliomu di kolom yang sudah tersedia.

Itulah beberapa cara untuk mendapatkan proyek kerja freelancer.

0 Komentar