Apa Yang Dipelajari Di Jurusan Teknik Sipil?

Apa Yang Dipelajari Di Jurusan Teknik Sipil?
Apa Yang Dipelajari Di Jurusan Teknik Sipil? (Istimewa/Rencanamu.id)
0 Komentar

sumedangekspres – Apa Yang Dipelajari Di Jurusan Teknik Sipil?  Jurusan teknik sipil merupakan jurusan yang sangat menjanjikan. Jurusan yang berkaitan dengan teknik-teknik pembangunan dan juga konstruksi pembangunan. Tak heran jika banyak orang yang bekerja di teknik sipil sering menggunakan helm proyek. Yaps, karena hal tersebut sudah menjadi SOP bagi teknik sipil lho.

Di Indonesia sendiri semakin banyak pembangunan-pembangunan yang terus dilaksanakan, oleh sebab itu semakin berkembangnya zaman maka pasti akan terus mebutuhkan kader-kader pembangunan.

Jurusan teknik sipil berbeda dengan tukang bangunan, orang sipil biasanya mereka yang merancang dan menyusun struktur pembangunan.

Baca Juga:10 Prospek Kerja Jurusan Teknik Sipil Dengan Gaji BesarMengenal Jurusan Teknik Sipil ITB, Kamu Wajib Tahu!

Untuk lebih memahami jurusan teknik sipil kamu perlu tahu terlebih dahulu apa itu jurusan teknik sipil dan apa saja yang dipelajari di jurusan teknik sipil. Yuk, simak penjelasannya.

1. Struktur Bangunan

Pada saat kamu menjadi seorang mahasiswa teknik sipil maka salah satu materi yang akankamu pelajari adalah mengenai Struktur Bangunan, ini adalah suatu studi untuk mengetahui bagaimana respons yang diberikan oleh suatu material bangunan pada beban yang diterimanya.

Hal ini penting untuk dipelajari agar kelak bangunan yang akan didirikan bisa kokoh serta tahan bencana seperti gempa bumi. Lebih jauhnya mahasiswa teknik sipil akan mempelajari tentang mekanika struktur, struktur beton, struktur baja, struktur kayu dan lain sebagainya.

Akan dipelajari juga mengenai dinamika dari struktur bangunan tersebut. Maka dari itu peran seorang lulusan Teknik Sipil sangat penting dalam proses pembangunan, karena kokoh tidaknya sebuah bangunan akan ditentukan berdasarkan perhitungan dari struktur bangunan ini.

2. Geoteknik

Materi penting lainnya yang akan dipelajari oleh seorang mahasiswa Teknik Sipil adalah mengenai geoteknik atau studi tentang struktur dan sifat tanah yang nantinya akan menjadi penopang bagi fondasi sebuah bangunan.

Ada berbagai macam struktur tanah dan untuk membangun sebuah bangunan di atasnya perlu dianalisis apakah struktur tanah tersebut mampu menahan beban gedung tersebut.

0 Komentar