Mengenal Jurusan Teknik Sipil ITB, Kamu Wajib Tahu!

Mengenal Jurusan Teknik Sipil ITB, Kamu Wajib Tahu!
Mengenal Jurusan Teknik Sipil ITB, Kamu Wajib Tahu! (Istimewa/FTSL-ITB)
0 Komentar

sumedangekspres – Mengenal Jurusan Teknik Sipil ITB, Kamu Wajib Tahu! Pernah melihat bangunan-bangunan tinggi? Pembuatan jalan tol dan pembangunan-pembangunan sarana dan prasarana umum. Di kota-kota besar pasti sudah tidak asing lagi dengan pembangunan-pembangunan insfrastuktur yang terus diperbaharui.

Setiap kali kita berkunjung ke tempat umum yang berhubungan dengan transfortasi dan pembangunan hal tersebut merupakan karya dari lulusan teknik sipil. Seperti yang kita ketahui teknik sipil merupakan jurusan yang lumayan sulit. Di ITB pun ada jurusan Teknik Sipil.

Seperti yang kita kenal ITB merupakan perkumpulan mahasiswa teknik yang beragam. Teknik sipil salah satunya, banyak lulusan teknik sipil ITB yang bekerja di berbagai instansi pemerintahan.

Baca Juga:Beasiswa Alumni ITB Donasi Laptop Bagi Mahasiswa Teknik SipilInilah Dampak Negatif Pakai Skincare Non-BPOM

Seperti apa teknik sipil itu? Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut tentang jurusan teknik sipil ITB.

Teknik Sipil ITB

Teknik Sipil merupakan ilmu terapan yang mencakup teknologi merancang, membangun, dan memelihara serta memperbaiki bangunan.

Bangunan yang dimaksud di sini sangat beragam, mulai dari bangunan rumah sederhana dan gedung-gedung bertingkat, jembatan, bendungan, hingga bangunan sarana dan prasarana transportasi, jembatan, bendungan, pengairan, prasarana produksi, hingga bangunan-bangunan lepas pantai seperti pada fasilitas pengeboran minyak lepas pantai, serta berbagai fasilitas pembangkit dan transmisi energi.

Singkatnya, di setiap saat ketika kita melintas di jalan raya, sewaktu berjalan-jalan di kawasan gedung pertokoan ataupun saat berkunjung ke bandara, semua yang kita lihat dan manfaatkan merupakan hasil karya lulusan Teknik Sipil.

Para ahli Teknik Sipil, umumnya dikenal dengan sebutan insinyur Sipil, awalnya bertugas membuat rancangan struktur bangunan secara lengkap; mulai dari pondasi hingga keseluruhan bangunan tersebut lengkap dan siap digunakan. Selama proses perancangan ahli Teknik Sipil bekerja dalam suatu tim pembangunan untuk meneliti, mengukur dan menentukan apakah kekuatan tanahnya memadai.

Pada tahap yang sama ahli Teknik Sipil akan juga membuat rancangan bangunan dan menghitung dimensi dan kekuatan bagian-bagian bangunannya sehingga siap untuk dijadikan acuan bagi pihak pelaksana (kontraktor) untuk dibangun.

0 Komentar