Riset Mengenai Sikap Masyarakat terhadap Transformasi Digital oleh Pakar UNPAD

Riset Mengenai Sikap Masyarakat terhadap Transformasi Digital oleh Pakar UNPAD
Riset Mengenai Sikap Masyarakat terhadap Transformasi Digital oleh Pakar UNPAD (Istimewa/Universitas Padjadjaran)
0 Komentar

sumedangekspres – Riset Mengenai Sikap Masyarakat terhadap Transformasi Digital oleh Pakar UNPAD. Transformasi digital di Indonesia saat ini terus berkembang.

Guru Besar Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Padjadjaran Prof. Dr. Eni Maryani, M.Si., mengatakan bahwa penggunaan teknologi digital di Indonesia saat ini terus berkembang. Hal ini pun berimplikasi pada kehidupan sosial masyarakat.

Atas dasar itulah ia dan tim meneliti sikap masyarakat Jawa Barat terhadap transformasi digital. Dengan mengetahui sikap masyarakat, diharapkan dapat mengetahui dampak yang muncul dengan adanya transformasi digital.

Baca Juga:Pemeriksaan Kesehatan Digelar UNPAD Untuk Guru BesarIstilah “Ngabuburit” oleh Dosen FIB UNPAD

Dikatakan digital oleh pakar UNPAD, sikap masyarakat tentang sesuatu hal akan memengaruhi perilaku mereka tentang hal tersebut.

“Sebelum kami melihat dampaknya, kami ingin melihat dulu bagaimana sebetulnya sikap masyarakat terhadap transformasi digital ini,” ungkap Prof. Eni dalam siniar “HardTalk” yang disiarkan secara daring dari Kanal Youtube Unpad, Selasa (4/4/2023).

Penelitian akan dilakukan secara kuantitaf dan kualitatif selama tiga tahun di seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Barat. Setiap tahun dilakukan survei yang sama terhadap masyarakat dan melihat perubahan-perubahan yang terjadi.

Dari penelitian yang sudah dilakukan, Porf. Eni melihat bahwa dengan adanya transformasi digital, masyarakat menganggap bahwa berbagai hal menjadi lebih mudah diakses.

Selain itu, masyarakat menganggap transformasi digital dapat memperbanyak kuantitas informasi yang diperoleh dan meningkatkan peluang kualitas informasi yang mereka dapatkan.

“Itu berarti tergantung kemampuannya. Artinya, mereka menganggap bahwa kualitas informasi yang lebih baik juga sebenarnya bisa diperoleh juga melalui media digital,” ungkap Prof. Eni.

Hasil penelitian lain yang ia peroleh, yaitu masyarakat melihat transformasi digital dapat menghemat waktu dan biaya, sehingga dapat lebih efektif dan efisien.

Baca Juga:Daya Tampung Saintek UGM Jalur SNBT dan MandiriDaya Tampung Soshum UGM Jalur SNBT dan Mandiri

Hal menarik lainnya adalah mengenai sikap masyarakat terhadap risiko yang dihasilkan dari transformasi digital. Salah satunya, mayoritas masyarakat mengkhawatirkan ancaman media digital pada anak-anak.

“Mereka menganggap bahwa pendampingan pada anak-anak dibutuhkan. Kalau responden menganggap pendampingan pada anak-anak dibutuhkan artinya bahwa mereka punya kekhawatiran dengan anak-anaknya.

0 Komentar