Sejarah Sisingaan Subang, Mengenal Lebih Dalam Tentang Tradisi Sisingaan di Kabupaten Subang

Sejarah Sisingaan Subang
Sejarah Sisingaan Subang (subang.go.id)
0 Komentar

sumedangekspresĀ – Berikut Sejarah Sisingaan Subang, Mengenal Lebih Dalam Tentang Tradisi Sisingaan di Kabupaten Subang.

Siapa nih yang di daerah nya memiliki tradisi menarik ketika ada seorang anak laki laki hendak melakukan khitan?

Nah kalau daerah kamu ada tradisi seperti itu, pas banget nih kali ini admin juga akan membahas tentang salah satu tradisi yang ada di Kabyupaten Subang, Jawa Barat.

Baca Juga:Sejarah Situs Nyi Subang Larang, Banyak Artefak Bersejarah?Penandatanganan Perjanjian Kerjasama, Kampus UPI Sumedang Program Studi Profesi Ners dengan Lapas Kelas II B Sumedang

Tradisi ini biasanya dilakukan oleh masyarakat Subang sebagai ritual untuk menghibur anak laki laki ketika hendak di khitan.

Jampana tersebut akan diusung oleh empat orang dewasa, sedangkan calon pengantin sunat akan duduk diatas kursi yang telah dihias (jampana).

Dan juga ada musik pengiring dalam tradisi atau ritual arak arakan tersebut menggunakan alat musik seadanya seperti , Dog-dog, kendang, kempul, kecrek, dengan pola tabuh penca silat, dan improvisasi bersipat spontan (tidak terencana) dari para pemain alat musiknya.

Gerak tari pengusung jampana tersebut belum ada gerak baku, masih bersipat helaran atau berjalan secara biasa, dan juga kostum yang digunakan oleh para pengusung pun bersifat seadanya.

Nah itulah informasi seputar Sejarah Sisingaan Subang, Mengenal Lebih Dalam Tentang Tradisi Sisingaan di Kabupaten Subang.

0 Komentar