Bacaan Sholat Idul Fitri: Mulai dari Niat Sampai Selesai

Bacaan Sholat Idul Fitri
Ilustrasi/iStock
0 Komentar

sumedangekspres – Berikut ini adalah bacaan sholat Idul Fitri beserta artinya:

Pertama niat terlebih dahulu, seperti:

“Ushalli sunnatal ‘idil fitri rak’ataini lillahi ta’ala”

Artinya: “Aku berniat sholat sunnah Idul Fitri, dua rakaat, karena Allah Ta’ala.”

Niat sholat Idul Fitri biasanya dibaca di dalam hati, namun jika ingin mengucapkannya secara lisan, bisa dilakukan sebelum takbiratul ihram. Namun, terlebih dahulu pastikan bahwa waktu sholat telah tiba dan bahwa sholat tersebut akan dilaksanakan dengan niat yang ikhlas semata-mata karena Allah SWT.

1. Takbiratul Ihram

Allahu Akbar, Artinya: Allah Maha Besar

2. Doa Iftitah

Subhanaka Allahumma wa bi hamdika wa tabarakasmuka wa ta’ala jadduka wa la ilaha ghairuka. Artinya: Maha suci Engkau, ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Diberkati Engkau dan dimuliakan namamu. Kekuasaan-Mu diluaskan dan tiada sesembahan selain Engkau.

3. Bacaan Surat Al-Fatihah

Baca Juga:Doa Mudik Lebaran Lengkap: Arab, Latin, dan TerjemahanKetika Kamu Mimpi Buruk, Baca Doa Ini!

Alhamdulillahi Rabbil ‘Alamin, Ar-Rahmanir-Rahim, Maliki Yaumid-Din, Iyyaka Na’budu Wa Iyyaka Nasta’in, Ihdi-nas Siratal-Mustaqim, Siratal-ladzina An’amta ‘Alaihim, Ghairil-Maghdubi ‘Alaihim Walad-Dallin.

Artinya: Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam, Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang, Pemilik Hari Pembalasan. Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan. Tunjukilah kami jalan yang lurus, yaitu jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) orang-orang yang dimurkai dan bukan pula orang-orang yang sesat.

4. Bacaan Surat Al-‘Ala Sabbihisma Rabbikal-A’la, Alladzi Khalaqa Fasawwa, Waalladzi Qaddara Fahada, Waalladzi Akhrajal-Mar’a, Fahua Yuhyyiha, Waalladzi Yuhyil-‘Azhama, Wa Huwa Qadhirun ‘Ala An Yuridah.

Artinya: Maha Suci nama Tuhanmu Yang Maha Tinggi. Yang menciptakan, lalu menyempurnakan. Yang menentukan takdir, lalu memberikan petunjuk. Yang mengeluarkan makhluk dari bumi, lalu menghidupkannya kembali. Dan yang akan membangkitkan manusia yang sudah mati. Dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.

5. Bacaan pada Rakaat Pertama

Surat Al-A’la atau Surat Al-Shams

6. Bacaan pada Rakaat Kedua

Surat Al-Ghashiyah atau Surat Al-Dhuha

7. Bacaan Takbir Setelah Salam

Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, La Ilaha Illa Allah, Allahu Akbar, Allahu Akbar, Wa Lillahil Hamd.

0 Komentar