Ketika Lupa Shalat Subuh

Lupa Shalat Subuh
Sumber: iStock
0 Komentar

sumedangekspres – Jika seseorang lupa shalat subuh, maka sebaiknya segera melaksanakan shalat setelah ingat atau secepatnya setelah memungkinkan.

Berikut adalah hadis terkait dengan lupa shalat subuh:

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: “Kami pernah lupa shalat subuh hingga matahari terbit. Kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: ‘Shalatlah kamu (qadha) shalat Subuh.’ Lalu kami melaksanakan shalat Subuh tersebut” (HR. Muslim no. 684)

Dalam hadis ini, terlihat bahwa Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan para sahabatnya untuk melaksanakan shalat qadha (ganti) setelah mereka lupa melaksanakan shalat Subuh. Hal ini menunjukkan bahwa dalam Islam, shalat Subuh adalah salah satu shalat yang sangat penting dan harus dikerjakan tepat waktu. Namun, jika seseorang lupa melaksanakan shalat Subuh, maka segera melakukan shalat qadha secepatnya.

Berikut ini adalah cara untuk mengqadha shalat subuh yang terlewat:

Baca Juga:Doa Setelah Sholat Beserta ArtinyaWorkout Ala Jungkook BTS

1. Setelah ingat bahwa sudah terlewat shalat subuh, segera bertaubat kepada Allah.

2. Lakukan shalat subuh secepatnya setelah ingat dan memiliki kesempatan.

3. Jika telah terlalu lama terlewat, maka seseorang harus melakukan shalat qadha, yaitu mengulang shalat subuh pada waktu lain, baik setelah shalat dzuhur, ashar, maghrib, atau isya.

4. Setelah shalat qadha dilakukan, disarankan untuk memperbanyak istighfar dan berdoa agar Allah memberikan kekuatan untuk senantiasa menjaga kewajiban shalat tepat waktu.

Penting untuk diingat bahwa shalat adalah salah satu rukun Islam yang penting, sehingga kita harus senantiasa berusaha untuk menjaga kewajiban ini dengan sebaik-baiknya dan mengganti shalat yang terlewat secepatnya.

0 Komentar