Sejarah Serta Mitos Awal Terbentuknya Lampung!

Sejarah serta Mitos awal terbentuknya Lampung
Sejarah serta Mitos awal terbentuknya Lampung(@lampuung)
0 Komentar

sumedangekspres– Sejarah serta Mitos awal terbentuknya Lampung, sejarah Lampung merupakan salah satu isu utama yang sering menjadi perbincangan di Indonesia. Provinsi Lampung memiliki sejarah yang panjang dan kaya, termasuk perkembangan budaya dan peradaban yang beragam. Lampung pertama kali masuk dalam sejarah Indonesia pada masa Kerajaan Hindu-Buddha di Jawa, dan memiliki hubungan perdagangan dengan wilayah lain seperti Palembang dan Banten. Selain itu, Lampung juga menjadi pusat perjuangan dalam masa penjajahan BelKamu di Indonesia. Pada masa awal kemerdekaan, Lampung dipilih sebagai salah satu wilayah daerah tujuan transmigrasi yang diinisiasi oleh pemerintah.
Di saat ini, Lampung memiliki tempat wisata yang banyak dan menarik seperti Gunung Krakatau, Pantai Bakauheni, hutan Pinus di Pekon Seray, kawasan Way Kambas, dan berbagai tempat wisata sejarah lainnya. Oleh karena itu, pengenalan sejarah Lampung menjadi penting untuk menjaga dan melestarikan kekayaan budaya dan sejarah Indonesia secara umum.

Asal-Usul Lampung

Lampung adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian selatan Pulau Sumatera. Sejarah Lampung bermula sekitar abad ke-7 Masehi, ketika beberapa kerajaan Hindu-Buddha seperti Sriwijaya dan Majapahit memperluas pengaruhnya ke wilayah ini. Lampung juga merupakan wilayah yang strategis dalam perdagangan antarnegara karena letaknya yang dekat dengan Selat Sunda.Asal-usul nama Lampung sendiri tidak begitu jelas dan masih menjadi bahan perdebatan di kalangan para sejarawan. Ada yang mengatakan bahwa nama “Lampung” berasal dari kata “telampung”, yang berarti “sembilan”, karena daerah ini dahulunya terdiri dari sembilan wilayah kekuasaan.
Ada pula yang berpendapat bahwa nama “Lampung” berasal dari kata “lampang”, yang berarti “galian” atau “tempat penggalian”, mengacu pada tambang emas dan perak yang ditemukan di daerah ini pada zaman dahulu.Pada masa kesultanan Banten, wilayah Lampung menjadi bagian dari kekuasaannya. Barulah pada tahun 1964, setelah sejumlah perubahan yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia, daerah Lampung resmi menjadi sebuah provinsi. Saat ini, Lampung dikenal sebagai salah satu daerah penghasil kopi, padi, dan kelapa sawit yang terbesar di Indonesia.

0 Komentar