Sukagalih Prioritaskan Jalan Usaha Tani

Sukagalih Prioritaskan Jalan Usaha Tani
Sukagalih Prioritaskan Jalan Usaha Tani (Achmad/Sumeks)
0 Komentar

sumedangekspres, Kota – Pengalokasian DD tahap I tahun anggaran 2023, di Desa Sukagalih dialokasikan pada empat program kegiatan. Hal ini disampaikan Kepala Desa Sukagalih Kecamatan Sumedang Selatan, Onih Noer Rosidah.

“Untuk realisasi DD tahap I, Desa Sukagalih itu kami alokasikan pada empat program kegiatan. Pertama pada program kegiatan infrastruktur yaitu, Pembangunan Jalan Usaha Tani yang berlokasi di Dusun Nangkod RW 05,” katanya.

Lanjut dia, program kedua pihaknya realisasikan untuk program kesehatan yaitu pembangunan Posyandu di Dusun Bosok RW 06.

Baca Juga:Resep Nasi Goreng Khas Medan, Bisa Mengobati Rasa Rindu Masakan IbuResep Ketoprak Khas Jakarta, Rasanya Sangat Khas dan Pedasnya Pas

“Program ketiga kami realisasikan pada insentif para guru ngaji dan guru paud serta pada para Kader posyandu, yang kami salurkan sesuai periodenya. Program keempat kami realisasikan pada penyaluran Bantuan langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) kepada 25 Keluarga Penerima Manfaat (KPM),” jelasnya.

Onih menuturkan dana akan disalurkan sebanyak 12 kali tahapan, atau 12 bulan. Dengan alokasi dana 10 persen dari anggaran DD 2023.

Menurutnya, terkait pemanfaatan dan pembangunan Jalan Usaha Tani. Yang anggaranya dari Dana Desa Pemerintahan Desa Sukagalih berharap, masyarakat  bisa memamanfaatkannya.

“Ketika kami Pemerintahan Desa memperbaiki jalan untuk mobilitas pertanian, diharapkan dalam pemanfaatannya bisa digunakan sebaik mungkin serta dipelihara oleh warga,” ujar Onih.

Sehingga lanjut dia, hasil pertanian di Desa Sukagalih bisa lebih meningkat.  Karena alokasi anggaran DD tahun ini diprioritaskan untuk program ketahanan pangan.

“Hal ini merupakan upaya dalam peningkatan ekonomi masyarakat, melawan kemiskinan dan penanganan stunting,” pungkasnya. (ahm)

0 Komentar