Kotakaler Lestarikan Nilai Gotong Royong

Lurah Kotakaler Dadang Setiawan SAg MSi, saat ditemui Sumeks baru-baru ini di kantornya. Menuturkan terkait Dana Kelurahan yang dikelola oleh Pemerintah Kelurahan Kotakaler 2023.
Lurah Kotakaler Dadang Setiawan SAg MSi, saat ditemui Sumeks baru-baru ini di kantornya. Menuturkan terkait Dana Kelurahan yang dikelola oleh Pemerintah Kelurahan Kotakaler 2023. (Achmad/Sumeks)
0 Komentar

sumedangekspres, Kota – Alokasi  penerapan Dana Kelurahan, di Kelurahan Kotakaler, Kecamatan Sumedang Utara, dijadikan wahana untuk membangun dan melestarikan nilai kegotong royongan di Masyarakat. Seperti yang disampaikan Lurah Kota Kaler Dadang Setiawan SAg MSi, kepada Sumeks baru-baru ini.

Dadang menuturkan, terkait Dana Kelurahan yang dikelola oleh Pemerintah Kelurahan Kotakaler, untuk tahun 2023 di samping untuk kebutuhan Administrasi kantor, honor para pegawai, juga ada dana yang dipersiapkan untuk fasilitas Umum (fasum) dan fasilitas khusus (fasus), fasilitas umum pada masyarakat.

Untuk tahun ini lanjut Dadang, setelah hasil dari Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) ada tiga pembangunan.

Baca Juga:Rekomendasi Jualan Makanan Ringan Yang Laku Setiap Hari di Daerah Sumedang, Jawa BaratRekomendasi Wisata Subang Terpopuler dan Terbaru Bulan Mei 2023

” Pertama rehab Posyandu Aster 12 di RW 12 Ketib, kedua Perbaikan jalan lingkungan dengan hotmix RT 05 RW 07 Ketib. Ketiga Perbaikan Jalan lingkungan dengan hotmix di RT 07 RW 11 Dano,” Katanya.

Dadang mengatakan pihak pemerintahan Kotakaler untuk dananya  dilimpahkan ke Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM). Kemudian dikelola dengan sistim sewa kelola oleh LPM, dengan para ketua RW dan para RT.

“Kenapa sistem ini yang kami pilih, karena paling tidak kalau di bangun oleh warga masyarakatnya sendiri, mungking kwalitas hasil pembangunannya akan lebih baik dan sesuai motto kami dari masyarakat oleh masyarakan dan untuk masyarakat jadi tidak dilimpahkan kepihak ketiga, hal ini bertujuan supaya ada kolaborasi warga dimana wargapun akan ikut membantu,” ujarnya.

Jadi, lanjut dia, semangat kegotong royongan, kebersamaan dan kekompakan inilah yang kita bangun kembali, oleh pihak Pemerintahan Kotakaler.

“Sesuai dengan harapan Pemerintah, terbangun dan terjaganya serta terpeliharaannya dan terlestarikannya, kekompakan, kebersamaan dan kegotongroyongan di masyarakat. Tanpa disadari, itu sebetulnya mendorong masyarakat untuk peduli kepada lingkungan,” ucap Dadang.

“Melalui Dana Kelurahan ini yang nanti akan ditransferkan oleh Pemerintah Kelurahan ke LPM, yang akan berkolaborasi dengan aparatur RW, RT dan  lingkungan masyarakat. Kebetulan tahun ini akan mendapatkan alokasi bantuan dari Dana Kelurahan,” pungkasnya. (ahm)

0 Komentar