Cara Mudah dan Praktis Instal Ulang Laptop!

Cara mudah dan praktis instal ulang laptop
Cara mudah dan praktis instal ulang laptop(freepik)
0 Komentar

sumedangekspres– Cara mudah dan praktis instal ulang laptop, menginstal ulang laptop sebenarnya bisa dilakukan sendiri dan tidak perlu menggunakan jasa servis komputer. Sebelum instal ulang laptop dilakukan, sebaiknya kamu memperhatikan hal berikut:

Cara mudah dan praktis instal ulang laptop, untuk proses instal ulang, kamu tidak bisa mendadak melakukan instal ulang. Banyak persiapan yang harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum memulai instal ulang. Hal seperti backup, membuat catatan serial number, dan juga mempersiapkan driver.

Langkah pertama: Backup file penting
Saat proses instal ulang, semua file bisa terpengaruh bahkan terhapus. Keputusan instal ulang yang bagus juga melibatkan menghapus bersih semua file yang ada di harddisk lebih dulu. Untuk memastikan file kamu masih bisa diakses lagi, lakukan backup file terlebih dahulu.

Baca Juga:Konter Lengkap HP di Purwakarta!Daftar Harga HP di Purwakarta!

Hal yang paling mudah untuk melakukan ini adalah membuat kopi dari dokumen dan file yang tidak ingin hilang. kamu bisa menggunakan USB flash drive atau harddisk eksternal. Cara lainnya adalah dengan menggunakan media penyimpanan cloud. Kamu dapat mengupload semua file yang ingin disimpan ke media penyimpanan cloud dan mendownloadnya ke laptop setelah instal ulang selesai. Contoh media penyimpanan cloud adalah Google Drive.

Langkah kedua: Menyimpan serial number
Hampir program yang kamu instal di laptop memiliki serial number. Terutama pada program berbayar. Serial number ini penting untuk nantinya mengembalikan program untuk digunakan setelah proses instal ulang laptop selesai.

Kamu mungkin tidak perlu melakukan backup file programnya, tapi serial number ini lebih penting. Beberapa program bisa di-download installer-nya tapi jika tanpa serial number, program tidak akan bisa diakses. Untuk memastikan serial number kamu aman, kamu bisa mencatat secara manual atau menggunakan tool seperti Belarc Advisor. Tool ini akan melakukan scan untuk semua program yang kamu gunakan di laptop dan mendaftarkan semua serial numbernya. Program ini free alias gratis. Jadi kamu tinggal download, instal dan gunakan.

Langkah ketiga: Mempersiapkan driver
Agar hardware laptop dapat berjalan baik, tentu driver akan diperlukan. Hal ini sebetulnya sudah tidak diperlukan di Windows 10 karena fitur otomatis mendeteksi hardware dan menginstal drivernya. Namun, bagi kamu yang tidak memiliki Windows 10 atau akses internet lancar, hal ini wajib dilakukan.

0 Komentar