Sejarah Subang Jaman Kolonial Belanda

Sejarah Subang Jaman Belanda
Sejarah Subang Jaman Belanda
0 Komentar

sumedangekspres – Sejarah Subang Jaman Belanda salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Sejarah Subang dapat ditelusuri hingga masa sebelum Kolonial Belanda.

Pada masa itu, daerah Subang diperintah oleh kerajaan-kerajaan kecil seperti Kerajaan Cipunagara dan Kerajaan Galuh.

Selain kedua kerajaan tersebut, terdapat pula beberapa wilayah kekuasaan kecil lainnya di sekitar Subang.

Baca Juga:Sejarah Subang Dari Jaman KerajaanSejarah Kabupaten Subang

Setelah masa pemerintahan kerajaan, Subang kemudian menjadi bagian dari Tanah Pasundan pada masa kemerdekaan Indonesia.

Sejarah Subang pada masa sebelum kolonial Belanda menunjukkan pentingnya wilayah ini sebagai salah satu pusat kekuasaan di Pulau Jawa.

Asal-Usul Nama Subang

Subang merupakan sebuah kota kecil yang terletak di provinsi Jawa Barat. Sekilas terlihat sebagai kota yang biasa-biasa saja, hanya memiliki beberapa destinasi wisata yang cukup terkenal, namun siapa sangka, ada fakta menarik mengenai asal-usul nama Subang.

Ada beberapa pendapat mengenai asal-usul nama Subang, satu di antaranya berasal dari legenda yang menceritakan tentang seorang raja dari kerajaan Melayu yang pergi berburu ke hutan.

Raja tersebut kemudian ditemukan oleh seorang petani yang membantunya keluar dari hutan.

Sebagai bentuk terima kasih, Raja Melayu memberikan hadiah kepada petani tersebut berupa sebuah benda bernama “subang” yang merupakan sejenis hiasan di telinga.

Versi lainnya menyatakan bahwa asal-usul nama Subang berasal dari kata “sung” yang berasal dari bahasa Sunda yang berarti “air” dan “beng” yang berarti “belokan”.

Baca Juga:Sejarah Kabupaten IndramayuZaman Kolonialisasi Portugis Di Nusantara

Sejarah Subang Jaman Belanda Dalam hal ini, Subang terletak di sisi utara Sungai Citarum yang berbelok pada titik tertentu.

Meski ada beberapa pendapat yang berbeda, namun seiring berjalannya waktu, nama Subang tetap melekat dan menjadi bagian dari identitas kota tersebut.

Terlepas dari asal-usul namanya, Subang dianggap sebagai kota yang penuh dengan nilai sejarah dan budaya, dan patut untuk dijelajahi bagi mereka yang ingin mengetahui lebih dalam tentang keindahan Jawa Barat.

Pemerintahan Sebelum Masuknya VOC Ke Jawa

Sebelum kedatangan VOC (Vereenigde Oost-Indische Compagnie) ke Jawa, pemerintahan di pulau ini masih berada di tangan raja-raja atau sultan yang memerintah di berbagai kerajaan dan kesultanan.

0 Komentar