SMKN 2 Sumedang Luluskan 564 Siswa

ANTUSIAS: Kepala SMKN 2 Sumedang Drs H Edi Supriyadi MPd., saat ditemui Sumeks dan memberikan keterangan terkait kelulusan siswanya,baru-baru ini.
ANTUSIAS: Kepala SMKN 2 Sumedang Drs H Edi Supriyadi MPd., saat ditemui Sumeks dan memberikan keterangan terkait kelulusan siswanya,baru-baru ini.(Istimewa)
1 Komentar

KOTA –  SMKN 2 Sumedang, yang merupakan salah satu SMK Pusat Keunggulan (PK) di Sumedang, tahun  ajaran 2022- 2023, meluluskan 100 persen siswa. Yang lulus merupakan siswa kelas 12, berjumlah 564 orang, yang diumumkan Jumat, (5/5) lalu.

Hal ini disampaikan oleh Kepala SMKN 2 Sumedang, Drs H Edi Supriyadi MPd kepada Sumeks baru-baru ini. Ia mengatakan, 564 orang siswa yang lulus di SMKN 2 Sumedang berasal dari empat kompentensi keahlian yang ada di sekolah.

“Kesatu Kompentesi Akuntansi, kedua Kompetensi Pemasaran, ketiga Kompentensi Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP) dan keempat Kompetensi Rekayasa Perangkat lunak (RKL),” kata Edi.

Baca Juga:Romelu Lukaku Ingin Kembali ke Chelsea Karena Mauricio PochettinoChelsea Merayu Rafael Leao Untuk Pindah dari Milan

Ia menyebutkan, dari jumlah 564 siswa yang lulus sudah ada yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri, seperti UPI. Melalui jalur SMPTN jalur perestasi dua orang siswa dan yang lainya mengikuti UTBK untuk tes ke Perguruan Tinggi Negeri ini ada 67 orang siswa.

Selain itu, lanjut Edi, ada juga siswa yang langsung daftar ke Universitas swasta, seperti ke Unsap juga banyak.

“Sebenarnya tujuan utama pendidikan SMK itu dipersiapkan untuk pendidikan vokasional, yang mana pendidikan di SMK  itu tujuannya untuk bekerja di industri dunia kerja, baik di intansi, di dunia usaha maupun di industri,” jelasnya.

Terkait hal itu lanjut Edi, pihaknya bersyukur anak-anak lulusan 2023 ada yang sudah direkrut di dunia usaha, yaitu di Bank swasta berjumlah10 orang. Kemudian di Asia Plaza dan di Alfamart  satu kelas 36 orang siswa dari kelas industri.

“Tanpa testing langsung diterima di Alfamart. Hal ini karena adanya kelas Alfamart yang sudah MoU dengan pihak sekolah,” ucapnya.

Edi mengaku, untuk MoU dengan beberapa Perusahan ini, difasilitasi melalui Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK 2 Sumedang. Bahkan banyak sekolah-sekolah lain yang menitipkan siswanya ke BKK sekolah ini, untuk penyaluran kerja. Meski begitu, Edi dan pihakn sekolah tetap menanamkan supaya siswa berjiwa wirausaha.

“Mudah-mudahan semua siswa yang lulus tahun ini, pertama bisa membawa nama baik sekolah, kedua bisa memiliki karakter yang baik dan yang ketiganya jangan lupa sama almamater SMKN 2 Sumedang,” harapnya.

1 Komentar