Sejarah Asal Usul Nama Subang

Sejarah Asal Usul Nama Subang
Sejarah Asal Usul Nama Subang/ istimewa.net
0 Komentar

sumedangekspres – Sejarah Asal Usul Nama Subang berasal dari sebuah daerah yang memiliki sejarah yang kaya dan panjang.

Sejarah awal Kabupaten Subang dapat ditelusuri dari catatan-catan sejarah pada masa Hindia Belanda.

Pada masa itu, daerah Kabupaten Subang merupakan bagian dari wilayah Kabupaten Pekalongan.

Baca Juga:Sejarah Perjanjian Kalijati Subang 8 Maret 1942Sejarah Pusat Kota Subang Saat Jaman Belanda

Namun, seiring dengan perkembangan zaman, daerah ini terus mengalami perubahan hingga akhirnya menjadi sebuah kabupaten yang mandiri.

Tidak banyak catatan mengenai pergerakan pada awal abad ke-20 di Kabupaten Subang , namun pada masa kemerdekaan, daerah ini mengalami perkembangan yang cukup pesat.

Dalam perkembangan sejarahnya, Kabupaten Subang memiliki kekayaan budaya yang sangat beragam, salah satunya adalah kesenian Sisingaan yang menjadi ikon budaya daerah ini.

Melalui usaha pelestarian dan pengembangan budaya ini, Kabupaten Subang terus berusaha mempertahankan warisan budayanya dan menyebarluaskannya ke seluruh wilayah Indonesia.

Asal Usul Nama Subang

Subang adalah sebuah kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki sejarah yang panjang dan kaya akan budaya dan tradisi.

Salah satu hal menarik mengenai Subang adalah asal usul nama daerah tersebut.Ada beberapa pendapat yang mengenai asal usul nama Subang .

Menurut sejarah, nama Subang berasal dari kata “soebang”, yang dalam bahasa Sunda berarti umbi dari tanaman jeruk. Umbi ini memiliki bentuk yang menyerupai pohon talok atau Dacryodes rostrata.

Baca Juga:Sejarah Subang Jaman Kolonial BelandaSejarah Subang Dari Jaman Kerajaan

Pohon ini tumbuh banyak di kawasan Subang dan dikenal sebagai pohon klutuk.

Namun, terdapat juga yang mengatakan bahwa asal usul nama Subang berasal dari kata “Sumerang”, yang dalam bahasa Sunda artinya adalah “sanggama” atau “pertemuan”.

Hal ini mengindikasikan bahwa Subang adalah sebuah daerah yang terdiri dari berbagai suku dan budaya yang saling bertemu dan bergabung.Asal usul nama Subang yang unik ini menunjukkan kaya akan budaya dan tradisi yang dimiliki oleh daerah tersebut .

Dari nama daerah hingga kesenian tradisional seperti Sisingaan, Subang memiliki banyak kisah yang menarik untuk dipelajari lebih lanjut.

0 Komentar